KKG PAI SD Kecamatan Giriwoyo  Halalbihalal dan Kupas Model Pembelajaran

KKG PAI SD Kecamatan Giriwoyo menyelenggarakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) sekaligus Halalbihalal secara luringdengan jumlah peserta sebanyak 20 guru. Acara diselenggarakan secara bergilir, ke sekolah-sekolah dan pada kesempatan ini bertempat di SDN 1 Bulurejo. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Dewi Setyaningsih (Guru SDN 2 Tameng) selaku pembawa acara. Kegiatan Halalbihalal dan KKG PAI SD Kecamatan Giriwoyo diawali sambutan dari Sularto, Kepala Sekolah SDN 1 Bulurejo selaku tuan rumah. Sambutan kedua disampaikan  oleh Erna Nurhidayati Ketua KKG PAI SD Kecamatan Giriwoyo (Guru PAI SDN 2 Bumiharjo). Dalam sambutanya Erna menyampaikan bahwa acara ini dikemas secara praktis tiga acara menjadi satu yaitu halalbihalal, pembinaan sekaligus Kegiatan KKG dan menginformasikan bahwa tahun 2022 akan diadakan lomba MAPSI. Acara berlangsung dari pukul 09.30 sampai 12.00 WIB. 

Narasumber pada kegiatan ini adalah Pengawas PAI Kecamatan Giriwoyo, Majid. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja keras guru-guru PAI dalam membina peserta didiknya untuk mengisi kegiatan CERIA (Ceramah Indah Ramadhan) yang ditayangkan di konten Youtube Tim Kreatif Konten Korwilcam Bidik Giriwoyo. Beliau berharap acara ini bisa berlanjut di tahun-tahun yang akan datang. Dalam Isian makna halalbihalal beliau menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang dicontohkan Rasulullah yang perlu kita teladani yaitu berbuat kebaikan kepada fakir miskin, memperbaiki orang yang bermusuhan, menolong orang yang teraniaya dan menyambung silaturahmi. “Hal itu sebagaimana disabdakan Rasulullah Saw yang artinya, “Aku tinggalkan dua perkara yang kalau kalian berpegang teguh kepada keduanya, kalian tidak akan tersesat selamanya, yaitu kitabullah dan sunnah rasul” dengan itu kita harus berpedoman kepada Alqur’an dan sunah dalam kehidupan sehari-hari. 

Setelah isian halalbihalal dan pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam oleh Pengawas PAI dilanjutkan paparan materi dari narasumber kedua Eni Wulan Asri (Guru PAI SDN 4 Guwotirto) tentang model pembelajaran. Dalam paparannya Eni menyampaikan pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik, antar peserta didik dan pendidik, dan antara peserta dan sumber belajar lainnya pada suatu lingkungan belajar yang berlangsung secara edukatif, agar peserta didik dapat membangun sikap, pengetahuan dan keterampilannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut memerlukan komponen pendukung yang mengandung serangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaian yang sistematis. Komponen tersebut salah satunya adalah model pembelajaran. Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan belajar yang menyangkut sintaksis, sistem sosial, prinsip reaksi dan sistem pendukung (Joice&Wells). 

Eni juga menyampaikan tujuan penggunaan model pembelajaran sebagai strategi, bagaimana pembelajaran yang dilaksanakan dapat membantu peserta didik mengembangkan dirinya baik berupa informasi, gagasan, keterampilan nilai dan cara-cara berpikir dalam meningkatkan kapasitas berpikir secara jernih, bijaksana dan membangun keterampilan sosial serta komitmen. 

Contoh model pembelajaran yang sering digunakan di dalam pembelajaran yaitu: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning), dan Model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan. Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik.