KKG PAI Pracimantoro Pelajari Aplikasi Penulisan Huruf Hijaiyah

Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Pracimantoro menyelenggarakan pelatihan menulis huruf Hijaiyah dengan aplikasi Nonosoft pada Rabu, 10 Maret 2021 secara virtual dengan Microsoft Teams yang diikuti oleh 34 guru Pendidikan Agama Islam dari 42 GPAI di Kecamatan Pracimantoro. Kegiatan ini dipandu oleh Amin Nurhidayat dari SD Negeri 2 Gambirmanis sebagai host dan Arif Andi Mahmudi dari SD Negeri 3 Gambirmanis sebagai moderator.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian informasi kedinasan oleh ketua KKG PAI Pracimantoro Aris Mursidi terkait Siaga, Emis dan SimPKB dan dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait menulis huruf Hijaiyah dengan Aplikasi Nonosoft yang disampaikan oleh Nugroho Dwi Saputro guru Pendidikan Agama Islam SDIT As Salamah Kecamatan Baturetno.

Agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan lancar, narasumber mengulas materi yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya. Narasumber kemudian menyampaikan materi yaitu menulis huruf Hijaiyah dengan Aplikasi Nonosoft. Kegiatan ini diawali dengan menyampaikan langkah-langkah penulisan huruf Hijaiyah dan harokat yang terhubung langsung dengan keyboard laptop dalam jendela Nonosoft. Selanjutnya peserta KKG PAI Kecamatan Pracimantoro diajak untuk praktik menulis Qur’an Surat Alfatihah ayat 1-7 disertai harokatnya. Hampir semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan lancar. Antusias peserta terlihat dari keseriusan ketika narasumber menyampaikan materi dan ketika peserta melakukan praktik. Selain menulis Qur’an Surat Alfatihah ayat 1-7 disertai harokatnya, narasumber juga menyampaikan cara penginstalan aplikasi tambahan untuk mendukung transliterasi dari huruf Hijaiyah ke huruf latin yaitu melalui aplikasi Font Times New Arabic 2021.

Kegiatan berikutnya adalah sesi tanya jawab terkait cara penuliasan huruf Hijaiyah dengan aplikasi Nonosoft serta cara penginstalan Font Times New Arabic 2021. Kegiatan ini dimanfaatkan oleh peserta dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar kendala dalam menulis huruf Hijaiyah maupun kendala pemasangan aplikasi di perangkat yang digunakan.