KKG PAI Pracimantoro Menulis Huruf Hijaiyah dengan Aplikasi Nanosoft 3.1.9

KKG PAI Kecamatan Pracimantoro mengadakan vicon melalui aplikasi Microsoft Teams pada Rabu, 17 Februari 2020. Kegiatan ini diselenggarakan karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Wilayah Kabupaten Wonogiri. Hal ini bertujuan untuk pengendalian penyebaran Virus Covid-19 yang masih menjadi pandemi di negeri ini.

Pertemuan secara virtual tersebut diikuti oleh 34 guru Pendidikan Agama Islam dari 42 GPAI keseluruhan di Kecamatan Pracimantoro. Pada pelaksanaan kegiatan KKG PAI kali ini cuaca kurang mendukung dikarenakan terjadi hujan lebat yang menyebapkan terkendala sinyal, akan tetapi tidak menyurutkan semangat bapak ibu guru Pendidikan Agama Islam dalam mengikuti kegiatan KKG secara daring tersebut.

Pada vicon kali ini yang bertugas sebagai host adalah Amin Nurhidayat, dari SDN 2 Gambirmanis, moderator Arif Andi Mahmudi, dari SD Negeri 3 Gambirmanis dan sebagai narasumber Nugroho Dwi Saputro, guru PAI SDIT As Salamah Kecamatan Baturetno.


Pada pertemuan pertama ini narasumber menjelaskan bagaimana cara penginstalan Aplikasi Nonosoft 3.1.9 dan cara penggunaan keyboard virtual pada laptop dipadukan dengan huruf hijaiyah pada aplikasi Nonosoft 3.1.9. Aplikasi ini mempunyai fitur yang tidak dimiliki pada editor – editor yang lain. Pada proses copy paste di versi 3 sudah ditambahkan beberapa format selain RTF (Rich Text Format) yang sudah ada sejak versi 1, yaitu format HTML, Image Metafile dan Bitmap. Dengan kemampuan copy/paste dalam beberapa format tersebut, menjadikan tulisan arab dari Aplikasi Nonosoft 3.1.9 dapat dipindah ke berbagai editor teks atau gambar dengan mudah.


Pada vicon kali ini dibuka sesi tanya jawab terkait dengan cara penginstalan Aplikasi Nonosoft 3.1.9 dan praktik penulisan huruf hijaiyah menggunkan Aplikasi Nonosoft 3.1.9. Pada pertemuan berikutnya akan diadakan praktik bersama penulisan ayat Al Qur’an dan transliterasi dari huruf hijaiyah arab ke dalam huruf abjad bahasa Indonesia dengan Aplikasi Nonosoft 3.1.9 yang akan dipandu oleh narasumber pada Rabu, 03 Maret 2021 mendatang..