KKG PAI Kismantoro Sukses Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas

FKKG dan FKKKS Kecamatan Kismantoro menggelar Virtual Conference (Vicon) melalui Google-Meet pada Sabtu, 20 Agustus 2022 dengan materi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Sesi 4, penanggung jawab acara adalah KKG PAI Kismantoro. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru se- Kecamatan Kismantoro, dengan peserta kurang lebih sebanyak 87 orang. Bertindak sebagai host Siti Muslimatin dari SDN 1 Plosorejo, dan Moderator Wiyono dari SDN 3 Bugelan. Materi disampaikan oleh Sudarno kepala SDN 2 Ploso. 

KKG dimulai dengan pembukaan, pemutaran lagu Indonesia Raya 3 stanza dilanjutkan sambutan dari Sarmun sebagai ketua KKG PAI Kismantoro. Sambutan kedua dari Korwilcam Bidik Kismantoro Sri Hartono. Beliau menyampaikan terimakasih kepada narasumber yang berkenan memberikan pemahaman tentang penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas yang diharapkan ilmu yang telah disampaikan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Wonogiri khususnya Kecamatan Kismantoro. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta untuk menyimak dengan seksama penyampaian yang disampaikan oleh narasumber. 

Kegiatan inti vicon dengan materi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini disampaikan oleh narasumber yang diawali dengan penjelasan pengertian dan cara penulisan kutipan yang ditulis pada Laporan Penelitian Tindakan Kelas, kemudian dilanjutkan penjelasan tentang kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Dilanjutkan pemaparan bebarapa permasalahan yang dijumpai dalam penyusunan PTK, seperti penyusunan RPP, foto pembelajaran, tanda tangan siswa, dan lampiran-lampiran lainnya. Antusias peserta terlihat jelas saat pelaksanaan vicon ini, ditandai semua peserta menyimak paparan dari narasumber dengan cermat, saat sesi tanya jawab terdapat beberapa peserta yang antusias bertanya kepada narasumber. Hasil akhir darikegiatan ini adalah dengan membuat sebuah produk PTK bagi masing-masing peserta KKG Kismantoro dan diprsentasikan secara nyata.