KKG PAI Kismantoro Gelar Vicon Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Sesi 3

FKKG dan KKKS Kecamatan Kismantoro kembali menggelar Virtual Conference (Vicon) melalui Google Meet pada Sabtu, 13 Agustus 2022 dengan tema Kiat Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas Sesi 3, penanggung jawab acara adalah KKG PAI Kismantoro. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru se- Kecamatan Kismantoro, dengan peserta kurang lebih sebanyak 146 orang. Bertindak sebagai host adalah Endang Wirdiningsih dari SDN 2 Pucung, dan moderator oleh Umi Kulsum dari SDN 1 Gesing, serta Sudarno sebagai narasumber.

KKG dimulai dengan acara pembukaan, tilawatil Quran, pemutaran lagu Indonesia Raya 3 stanza, kemudian  dilanjutkan sambutan  oleh Sarmun sebagai ketua penyelenggara Sarmun. Beliau menyampaikan kepada semua peserta vicon untuk menyimak dengan seksama agar kedepannya dapat meningkatkan profesionalisme guru dan ikut serta dalam mencerdaskan anak bangsa dan membawa kemajuan dalam bidang pendidikan Indonesia khususnya di Kecamatan Kismantoro. Beliau juga menghaturkan ucapan terimakasih kepada narasumber yang berkenan memberikan pemahaman tentang penyusunan laporan PTK sesi 3. Acara inti vicon dengan materi Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Sesi 3 ini disampaikan oleh narasumber. Materi yang disampaikan merupakan lanjutan dari sesi sebelumnya. Pada sesi ini narasumber menyampaikan materi bagian isi yang terdiri dari penjelasan Bab IV, Bab V, dan Lampiran.

Dijelaskan bahwa Bab IV berisi tentang deskripsi prasiklus, hasil penelitian siklus 1, hasil penelitian siklus 2, dan pembahasan. Bab V terdiri dari simpulan dan saran. Dijelaskan juga terkait daftar pustaka dan lampiran-lampiran untuk menunjang laporan PTK.  Antusias peserta terlihat jelas saat pelaksanaan vicon ini, ditandai semua peserta menyimak paparan dari narasumber dengan baik. Tidak sedikit pula peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Sebagai bahan evaluasi kegiatan ini adalah dengan pemberian tugas kelompok kepada masing-masing gugus KKG Kismantoro untuk membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas yang akan dipresentasikan di sesi 4 atau sesi akhir.