KKG PAI Kecamatan Jatipurno Selenggarakan Pembuatan Media Pembelajaran

Dalam rangka peningkatan kompetensi guru PAI di kecamatan Jatipurno, KKG PAI kecamatan Jatipurno melaksanakan kegiatan secara tatap muka, Sabtu (6/3/2021), di aula Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Jatipurno dengan menjalankan protokol kesehatan. Kegiatan KKG ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan  pukul 12.00 WIB dengan  diikuti oleh 25 peserta.

Puji Fauziah, dari SDN 1 Slogoretno selaku pembawa acara membuka kegiatan dengan membaca ummul kitab. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh Zaka Bana dari SDIT Budi Utomo. Acara selanjutnya adalah sambutan dari Sutarwo, selaku Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Jatipurno. Beliau menyampaikan supaya KKG PAI tetap aktif dan berkarya meskipun di masa pandemi. Sambutan kedua dari pengawas PAI Kecamatan Jatipurno yaitu Nur Khasanah, beliau menyampaiakan supaya GPAI teliti terhadap ayat-ayat dan hadis dalam LKE baik penulisan maupun terjemahannya. Sambutan ketiga dari ketua KKG PAI yaitu Agus Supriyanto, beliau menyampaikan agar GPAI Jatipurno aktif dalam Siaga dan Emis. Selanjutnya acara inti yaitu penyampaian materi oleh Paryanti, dari SDN 1 Jeporo.

Materi KKG PAI kali ini membahas tentang “PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN” Uraian materi : Pembelajaran tatap muka belum bisa dilaksanakan karena perkembangan pandemi covid 19, sehingga harus dilaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. Oleh karena itu bapak ibu guru dituntut untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh pada semester 2 ini. Pembelajaran jarak jauh yang sudah dilaksanakan selama dua semester merupakan pengalaman yang cukup banyak yang sudah bisa dievaluasi dan selanjutnya ditingkatkan. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh menyesuaikan situasi dan kondisi siswa masing – masing. Guru berperan penting dalam PJJ karena dapat membantu dan melibatkan siswa dalam kegiatan belajar di masa pandemi ini. Prinsip dari Pembelajaran Jarak Jauh ini yaitu tidak memberatkan dan realistis. Guru harus dapat mendesain dan mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh sehingga materi dapat tersampaikan dan mudah difahami peserta didik. Salah satunya dengan membuat media pembelajaran.

Pada kegiatan KKG ini dilaksankan pelatihan membuat media pembelajaran dengan membuat animasi dari PowerPoint. Aplikasi PowerPoint merupakan salah satu aplikasi yang sudah familiar,sehingga diharapkan para peserta lebih mudah memahaminya dan bisa mengimplementasikannya. Materi disampaikan secara mendetail dari tahap pertahap dengan jelas. Mulai dari membuka aplikasi PowerPoint, memilih background, mengubah background, mengunduh gambar gift dan memasukkannya ke PowerPoint, membuat tulisan, menggerakkan tulisan, memberi suara,mengatur timing dan terakhir mengconvert menjadi video. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat membuat media pembelajaran dari PowerPoint, sehingga dapat lebih meningkatkan kompetensi guru dan kemudahan pemahaman materi peserta didik.

Pembawa acara mengakhiri kegiatan KKG dengan bacaan hamdalah bersama – sama dan ditutup dengan pembacaan  doa oleh Winarno,dari SDN 2 Jatipurwo.