KKG PAI Kec. Pracimantoro Gelar Pelatihan Google Workspace For Education

KKG Pendidikan Agama Islam Kecamatan Pracimantoro perdana melaksanakan pertemuan secara virtual melalui Microsoft Teams dengan materi Pemanfaatan Google Workspace Education bagian pertama (Kamis, 24 Februari 2022). Kegiatan KKG virtual ini diikuti oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Pracimantoro, dengan narasumber Nita Dewi Nurdianawati, Guru Kelas SD Negeri 3 Wonodadi Korwil Biddik Kecamatan Pracimantoro. Kegiatan dimulai dengan sambutan pengawas Guru Pendidikan Agama Islam, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua KKG PAI Kecamatan Pracimantoro Amin Nurhidayat. 

Materi yang akan disampaikan pada pertemuan pertama pelatihan kali ini adalah pengenalan akun belajar.id serta pengenalan Google Workspace for Education. Google Workspace for Education adalah kumpulan alat yang dapat membantu menyelesaikan tugas dimana kita dapat menulis laporan, membuat kuis, membuat presentasi dan kegiatan lainnya. Google Workspace for Education merupakan perangkat yang simple, aman dan bermanfaat yang mampu mendorong penggunanya untuk belajar dimana saja. Selanjutnya, peserta pelatihan dikenalkan dengan akun belajar.id. Banyak fitur-fitur yang dapat kita manfaatkan dengan akun belajar.id tersebut, antara lain google drive, google sites, google meet, google classroom dan banyak lagi. Penggunaan akun belajar.id ini lebih menguntungkan daripada penggunaan akun email biasa, karena dengan satu akun belajar.id ini dapat secara langsung mengakses berbagai platform kemendikbudristek, serta akun tersebut memiliki memori penyimpanan yang lebih besar daripada akun email biasa. Kemudian, narasumber mengajak peserta pelatihan untuk mempraktikkan melakukan sinkron antara SIMPKB dengan akun belajar.id. 

Selanjutnya Tri Wulansari selaku moderator memandu kegiatan tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta kegiatan KKG virtual ini. Setelah seluruh pertanyaan berhasil dijawab oleh narasumber, moderator kemudian memberikan kesimpulan pada pertemuan virtual kali ini. Selanjutnya pertemuan ditutup dengan doa.