KKG PAI Giriwoyo Kupas Tuntas Silabus dan RPP

Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Giriwoyo menggelar pertemuan di SDN 4 Giriwoyo, Sabtu (12/03/2022). Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga pukul 12.30 WIB ini dipandu oleh Anna Fatchul Jannah, serta diikuti oleh 23 orang Guru PAI di Kecamatan Giriwoyo, dan secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar.

Sebelum masuk pada inti materi, acara diisi dengan tausiyah yang dibawakan oleh Eni Wulan Asri, dengan tema “Futur (Rasa Malas, rasa lemah dan malas dalam beribadah). Eni menyampaikan bahwa Iman manusia itu pasti selalu naik dan turun, sehingga senantiasa harus di-charge dengan cara rajin beribadah, misalnya dengan selalu membaca Al-Qur’an secara istiqomah sehingga rasa Futur itu tidak akan lama dan menjadi penyakit hati. Apabila guru dapat mengatasi rasa futur ini dengan baik, maka harapannya guru juga bisa memberikan yang terbaik dan memberikan semangat positif kepada peserta didiknya.

Memasuki kegiatan inti yakni “Pengembangan Silabus, RPP, dan Bahan Ajar” yang dipaparkan oleh Erna Nurhidayati, dalam materinya, Erna menyampaikan bahwa dalam melakukan pengembangan silabus harus selalu memperhatikan prinsip-prinsipnya, yaitu: ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh. Setelah selesai dengan silabus pembelajaran, maka selanjutnya guru dapat mengembangkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berdasarkan dengan buku panduan guru atau sumber belajar yang telah disiapkan dan untuk selanjutnya bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan peserta didiknya. Selain itu, guru harus selalu memperhatikan tiga komponen inti dari RPP, yaitu: Tujuan Pembelajaran,Kegiatan Pembelajaran, dan Asesmen

Setelah mengikuti kegiatan ini, harapannya guru PAI bisa semakin semangat dalam memberikan inovasi pembelajaran yang relevan dengan kondisi siswa saat ini sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa.