KKG MGBK Subrayon 01 Wonogiri Pertemuan 3 Paket KE-3

Musyawarah Guru Bimbingan Konseling subrayon 01 Kabupaten Wonogiri kembali melaksanakan KKG Selasa , 23 Agustus 2022. KKG dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Fatah di Pokoh Kidul yang diasuh oleh Tukimun (Guru BK SMP Negeri 1 Ngadirojo ). Dengan dihadiri oleh 35 guru BK se-subrayon 01 kabupaten Wonogiri, KKG BK dibuka oleh MC Bambang WSNKH (Guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo ) pukul 08.45 dengan mengucap basmallah bersama-sama. Sebelumnya dibacakan susunan acara KKG yang akan digelar.

Acara KKG yang pertama setelah pembukaan sambutan ketua MGBK sub rayon 01 Kabupaten Wonogiri (Winoto , Guru BK SMP Negeri 2 Nguntoronadi kabupaten Wonogiri ). Sambutan beliau menyampikan ucapan terimakasih kepada Tukimun yang sudah memberikan fasilitas pelaksanaan KKG kali ini. Selain itu juga ucapan terimakasih kepada semua guru BK yang sudah hadir dan dengan semangat tinggi mengikuti KKG selama ini. Diharapkan KKG bisa berjalan dengan lancar sesuai apa yang telah direncanakan.

Acara dilanjutkan Tauziah sekaligus kata pamitan purna tugas oleh Tukimun. Kata pamitan ini sekaligus mewakili Wiwik Kusmayanti (Guru BK SMP Negeri 1 Ngadirojo ) yang juga akan purna Tugas. Adapun tauziah yang disampaikan beliau adalah berkenaan dengan guru dan murid, yaitu dua insan yang begitu mulia kedudukannya di sisi Alloh SWT. Harapannya guru BK dapatlah menjadi suri tauladan bagi yang lain. Ada 4 jenis guru yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Harapannya jadilah guru sadar, yaitu dengan kesadaran dan keikhlasan yang tinggi dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Guru inilah yang mendapatkan kedudukan tinggi di sisi Alloh SWT.

Acara inti disampaikan oleh nara sumber Hardiyo (Guru BK SMP Negeri 2 Ngadirojo ) yang sekaligus sebagai wakil dari pengurus MGBK Rayon Kabupaten Wonogiri. Pada awalnya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tukimun atas fasilitasnya dalam penyelenggaraan KKG kali ini. Selain itu juga ucapan selamat purna tugas kepada Tukimun dan Wiwik. Selanjutnya beliau menyampaikan tentang program BK kaitannya dengan kurikulum merdeka. Program BK yang disampaikan adalah Capaian Layanan, Program Umum Bimbingan Konseling dan Modul ajar atau Rencana Pelaksannaan Layanan. Beliau memberikan contoh masing-masing program tersebut yang nantinya guru BK akan bisa mengubah sesuai keadaan masing-masing.

Pada acara lain-lain, diberikanlah cendera mata atau tali asih dari MGBK untuk guru yang akan purna tugas tersebut. Selain itu beliau berdua juga memberikan cendera mata kepada bapak dan ibu guru yang hadir. Tepat pukul 11.40 WIB, KKG ditutup dengan doa dan bacaan hamdallah secara bersama-sama.