KKG Menur Wonogiri Gelar Vicon Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Masa Pandemi

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Menur Kecamatan Wonogiri melaksanakan pertemuan kedua secara daring menggunakan Microsoft Teams dengan fokus materi tentang Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada hari Jum’at, 19 Februari 2021. Kegiatan daring dimulai pada pukul 09.00 WIB. Denik Nugraheni yang bertugas sebagai host mengawali kegiatan dengan menyapa para peserta dan menyampaikan tata tertib bagi peserta selama bergabung dalam Microsoft Teams. Selanjutnya, Agina Fitri Pratiwi bertugas sebagai moderator.

Kegiatan pembelajaran daring membutuhkan sarana dan prasarana yang tidak mudah. Kondisi ideal PJJ meliputi fasilitas belajar anak yang terpenuhi di rumah dan kondisi belajar yang nyaman sehingga anak dapat konsentrasi. Kendala utama PJJ antara lain tidak semua siswa memiliki gawai dan semangat belajar siswa yang rendah. Dan guru tetap harus menyusun administrasi pembelajaran sesuai dengan kondisi saat ini. Guru diharapkan untuk berperan aktif dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Walaupun pandemi belum berakhir, guru harus tetap aktif, kreatif, dan inovatif membangun sistem pembelajaran yang menarik untuk peserta didik. Setiap masalah menjadi tantangan bagi guru untuk tetap memberikan pelayanan pembelajaran terbaik bagi siswanya. Guru yang ideal harus siap mengajar dalam berbagai kondisi, menyiapkan skenario pembelajaran dengan matang, kreatif, inovatif, ramah, dan menguasai ilmu psikologi.

Memasuki acara inti, Ike Kuswardani yang bertugas sebagai narasumber mendiseminasikan materi tentang Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh. Narasumber menyampaikan ada perubahan signifikan dalam pembuatan RPP oleh guru. Perubahan itu tak lain adalah penyederhanaan RPP yang hanya terdiri atas tiga komponen saja, meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran atau kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Adapun Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh meliputi, Identitas RPP (nama sekolah, identitas mapel, kelas, semester, materi pokok dan alokasi waktu), Tujuan Pembelajaran (Kompetensi Dasar, Model Pembelajaran, dan Indikator Pencapaian Kompetensi), dan Penilaian (penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan).

Dalam kesempatan tersebut, narasumber memaparkan secara jelas dan rinci mengenai Perangkat PJJ yang harus dipersiapkan guru, seperti: RPP Daring, Rangkuman Materi, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), Lembar Evaluasi, dan Penilaian. Selain itu, Ike Kuswardani juga menayangkan contoh RPP PJJ yang diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi bagi peserta. Selanjutnya para peserta dihimbau untuk memanfaatkan fasilitas portal pembelajaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang dapat diakses setiap saat melalui tautan yang telah disiapkan oleh Tim Pengembang Kurikulum tingkat Kabupaten Wonogiri. Setelah paparan dari narasumber selesai, Agina Fitri Pratiwi memandu sesi tanya jawab. Beberapa peserta ada yang mengajukan pertanyaan, memberikan masukkan atau usulan baik yang ditujukan kepada narasumber maupun pengurus KKG.

Pada sesi penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan maupun agenda kegiatan pada pertemuan selanjutnya. Sebelum mengakhiri pertemuan, host mengingatkan kepada para peserta untuk mengisi form Daftar Hadir melalui link yang sudah dibagikan. Selanjutnya, peserta diminta mengaktifkan video untuk foto bersama untuk pendokumentasian kegiatan. Semoga semangat kebersamaan dan kegotongroyongan melalui kegiatan kolektif guru ini semakin meningkat demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Wonogiri. Meskipun sempat terkendala jaringan internet yang kurang lancar, namun para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan KKG virtual ini sampai selesai. Dengan materi ini diharapkan dapat membantu para guru untuk mempersiapkan dan melaksanakan PJJ secara optimal.