KKG Matematika Subrayon 01 Wonogiri Gelar Percepatan PMM

MGMP Matematika Subrayon 01 Wonogiri mengadakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara luring membahas tentang “Percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM)” di SMP Negeri 6 Wonogiri (14/9/2022). KKG ini diikuti oleh guru Matematika se-Subrayon 01 Wonogiri, setelah sekian lama dilaksanakan secara daring di masa pandemi. Peserta antusias mengikuti KKG dalam rangka memberikan pelayanan kepada peserta didik.

Kegiatan dibuka oleh Didik Meiyono dari SMP IT Wonogiri sebagai Wakil Ketua MGMP Subrayon 01 dengan membaca basmalah dilanjutkan sambutan. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Ketua MGMP Subrayon 01 Wonogiri tidak dapat membersamai dalam KKG dikarenakan bersamaan dengan Diklat PMM yang dilaksanakan di Semarang. Beliau juga menyampaikan selamat datang bagi peserta KKG Matematika di SMP Negeri 6 Wonogiri yang mengangkat topik percepatan PMM. PMM ini dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Wonogiri di jenjang SD, SMP dan SMA/ SMK.  Peserta KKG dapat membuka aplikasi PMM  dengan gawai maupun browser pada laptop. Aplikasi PMM terdiri dari Kurikulum Merdeka, Pengembangan Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar. Pada kesempatan ini KKG Matematika akan mengupas tuntas tentang Pelatihan Mandiri yang ada Platform Merdeka Mengajar. Pelatihan yang harus dipahami dan dikerjakan oleh peserta KKG yang terdiri dari 9 topik yang masing-masing terdiri dari beberapa modul.

Sambutan berikutnya dari Sri Hartatiningrum, Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Beliau menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan PMM di Kabupaten Wonogiri ini, peserta KKG Matematika di Subrayon 01 diharapkan dapat menyukseskan percepatan PMM dengan memahami sesuai alurnya yaitu memahami materi kemudian mengerjakan post test. Seiring waktu peserta KKG setelah mengerjakan post test dapat mempraktekkan aksi nyata di sekolah masing-masing. Inti percepatan PMM bukan “menjadikan hijau” melainkan pemahaman dari setiap topik pada pelatihan mandiri. Beliau menekankan bahwa referensi disesuaikan dengan tahun 2022, karena disana masih menggunakan referensi tahun 2021. Harapan dengan diadakan percepatan PMM ini peserta KKG dapat memahami kemudian mengimplementasikan dari waktu ke waktu sehingga mutu pendidikan di Kabupaten Wonogiri akan meningkat.

Sri Rejeki dari SMP Negeri 1 Selogiri sebagai narasumber menyampaikan, Pelatihan Mandiri berisi tentang pelatihan yang harus dipahami dan dikerjakan oleh peserta KKG, terdiri dari 9 topik yang masing-masing terdiri dari beberapa modul. Beliau berharap target peserta KKG Matematika pertemuan pertama percepatan PMM dapat menyelesaikan dari topik 1 sampai dengan topik 4. Pada pertemuan ini, peserta langsung mempraktikkan membuka Platform Merdeka Mengajar menggunakan gawai dan laptop. Pemateri memberikan panduan tentang bagaimana mengerjakan Pelatihan Mandiri secara individu.  Untuk aksi nyata dapat dipraktikkan setelah selesai mengerjakan post test. Langkah demi langkah dikerjakan oleh peserta KKG dengan antusias sampai mengerjakan post test. Pada akhir kegiatan Sri Rejeki menyampaikan agar peserta KKG dapat melanjutkan pelatihan mandiri topik 5 sampai dengan 9 di sela-sela waktu di sekolah maupun di rumah sehingga target percepatan PMM dapat terlaksana dengan baik. Kemudian dipraktekkan langsung oleh peserta sehingga terjadi komunikasi timbal balik antar narasumber dan peserta. Disamping itu, peserta KKG juga terlihat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan KKG ini, hal ini dibuktikan dengan adanya peserta KKG yang mempresentasikan hasil pembuatan kelas dari sekolahnya dan mendapat tanggapan yang baik dari peserta KKG matematika SR 01.