KKG Matematika Sub Rayon 01 Wonogiri Gelar Pembuatan Form Bercabang di Office 365

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Subrayon 01 Wonogiri kembali menggelar Kegiatan Kolektif Guru paket 2 pertemuan ke-3 yang dilaksanakan pada Rabu, 3 Maret 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan Kolektif Guru ini dibuka oleh Hening Widati dari SMPN 1 Nguntoronadi dengan membaca basmallah, dimohon peserta KKG MGMP Matematika Subrayon 01 dapat mengikuti kegiatan pembuatan Form Bercabang di Microsoft Office 365 ini dari awal hingga sampai akhir sehingga peserta KKG akan mendapatkan manfaat dalam pembuatan Form Bercabang dan diaplikasikan dalam PJJ di saat pandemi seperti ini. Acara berikutnya dilanjutkan oleh moderator Didik Meyono dari SMP IT Al Huda Wonogiri, diawali dengan doa menurut agama dan keyakinannya masing-masing sehingga KKG dapat berjalan dengan lancar.

Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua MGMP Matematika Subrayon 01 Gatot Wibowo. Beliau mengatakan bahwa KKG sudah sampai pada pertemuan ke-3 paket 2, diharapkan setelah kegiatan ini peserta dapat mengumpulkan tagihan yaitu pembuatan kelas, room meeting dan form bercabang pada Office 365 yang nanti link akan dibagikan ke grup WA Subrayon 01. Di samping itu Beliau juga menyampaikan KKG paket 3 belum dapat dilaksanakan karena Rabu, 10 Maret 2021 akan diisi dari rayon dengan tema pembuatan video pembelajaran. Kegiatan rayon ini direncanakan akan berlangsung selama 4-5 pertemuan tanpa dipungut biaya dan bersertifikat 32 jam serta pada akhirnya peserta KKG dapat membuat video pembelajaran dan dapat digunakan dalam pembelajaran bersama dengan siswa. Untuk program reorganisasi pengurus subrayon 01 masih menunggu informasi lebih lanjut dari MKKS Subrayon 01, apakah prosedur pilihannya secara luring mengumpulkan kertas ataukah lewat form.

Kegiatan dilanjutkan oleh Gatot Wibowo sebagai narasumber pembuatan Form bercabang di Microsoft Office 365. Beliau mengupas tuntas tentang pembuatan Formulir yang dapat digunakan peserta KKG dengan join di akun PDK ataupun akun sekolah. Kegunaan pembuatan form bercabang ini adalah untuk membuat absensi, angket, pembuatan formulir pendataan HP siswa dan lain-lain. Gatot Wibowo menerangkan langkah pertama dalam pembuatan form bercabang adalah dengan membuka office.com pada browser. Untuk fitur yang ada pada form ada 2 yaitu kuis baru dan formulir. Kuis baru digunakan untuk membuat penilaian pada office 365. Untuk form bercabang dapat menggunakan fitur formulir. Setelah selesai membuatan form bercabang, akan di copy dan diperpendek dengan menggunakan aplikasi bit.ly, s.id, gg.gg dan lain-lain. Link kemudian di share ke siswa menggunakan WA grup.

Peserta KKG sangat antusias mengikuti KKG sampai akhir hal ini dibuktikan peserta yang langsung praktik membuat form bercabang di laptop masing-masing dan ada beberapa peserta yang raise hand, sehingga terjadi diskusi antara peserta KKG dengan narasumber. KKG ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang pemanfaatan ICT pada Microsoft Office 365 oleh peserta KKG MGMP Matematika Subrayon 01 Wonogiri.