Kegiatan Kolektif Guru Kecamatan Kismantoro dilaksanakan Kamis, 1 September 2022 Melalui vicon yang diikuti oleh 5 kelompok yaitu KKKS Kismantoro, KKG Gugus Abhinaya, KKG Gugus Jenderal Soedirman, KKG Guru Mapel PJOK, dan KKG Guru Mapel PAI. Acara vicon dibuka pukul 09.25 oleh Crhistai Hadinata, Guru Mapel PJOK SDN 2 Gesing dengan jumlah peserta yang telah hadir 97 orang.
Kegiatan diawali dengan mendengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam 3 stanza. Kegiatan KKG dipandu moderator Ian Alfian, guru PJOK SDN 3 Ngroto dengan Narasumber Parwianto selaku pengawas SD Korwilcam bidik Kismantoro. Narasumber sebelumnya telah mengikuti Bimtek Implementasi kurikulum merdeka yang diselenggarakan oleh Kemendikbud selama beberapa hari di kabupaten semarang propinsi Jawa Tengah.
Dalam uraiannya, Narasumber menyampaiakan materi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dengan topik Mengupas CP, Prota, Prosem dan ATP. Kurikulum merdeka memberikan ruang yang luas bagi guru serta satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Oleh karena itu implementasi kurikulum merdeka tidak terlepas dari perangkat ajar sebagai komponen pendukungnya. Perangkat ajar merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar pancasila dan capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Dan Salah satu perangkat ajar yang ada di dalam kurikulum merdeka yang akan dibahas pada topik KKG Hari ini yaitu TP, Prota, Prosem dan ATP.
Usai Narasumber memaparkan materi, Moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya, mengkritisi, atau meminta penjelasan ulang, Pertanyaan datang dari Saudara Slamet Widodo. Beliau menanyakan tentang Alur tujuan Pembelajaran beserta Fase pengembangannya. Pertanyaan dijawab langsung oleh narasumber dengan baik dan jelas. Bahwa Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Ada tiga kriteria alur tujuan pembelajaran (ATP) yaitu: menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai, ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan yang linear, ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antarfase. KKG ditutup pukul 11.23 WIB dengan lancar dan tanpa ada halangan yang berarti.