KKG Kihajar Dewantara Kupas Tuntas Penggunaan Platform Merdeka Mengajar

Kegiatan KKG Gugus KH Dewantara kembali dilaksanakan secara luring di SD Negeri 1 Watangrejo pada Sabtu (03/9/2022). Kegiatan KKG dihadiri oleh guru kelas dan jajaran kepala sekolah se-Gugus Dewantara. Kegiatan KKG dimulai pukul 10.30 WIB dipandu oleh Larso dengan ucapan basmalah diikuti oleh semua peserta KKG. Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua pada paket 4 materi “Google Workspace for Education”.

Sebelum ke materi inti, Nita Dewi Nurdianawati menekankan tentang pentingnya peran teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pembelajaran akan terasa menyenangkan jika dalam penyampaian materi guru menggunakan berbagai media, alat, dan strategi. Pada pertemuan kedua ini narasumber, Nita Dewi Nurdianawati menjelaskan tentang manfaat penggunaan  APK Platform Merdeka Mengajar bagi pendidik dan peserta didik. Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Langkah pertama adalah mendowload APK Merdeka Mengajar pada gawai/HP masing-masing pendidik. Setelah selesai mengunduh pada gawai/hp langkah selanjutnya adalah dengan mengatifkan APK tersebut menggunakan akun belajar.id masing-masing pendidik. Dalam platform merdeka mengajar terdapat fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk mengajar, diantaranya: 1). Produk Asesmen Murid, merupakan kumpulan paket soal yang bisa dibagikan kepada peserta didik dalam pembelajaran. 1). Produk Perangkat Ajar, Menyediakan inspirasi dan referensi materi mengajar berkualitas, berupa modul ajar, bahan ajar, modul proyek, hingga buku teks. 3). Vidio Inspirasi, Berisi kumpulan video inspirasi praktik ajar dan pengembangan diri, Beragam video ini sudah dikurasi dan dapat digunakan guru sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi pada aspek personal dan sosial dalam proses belajar mengajar. 4). Pelatihan Mandiri, memuat berbagai materi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. 5). Bukti Karya Saya, merupakan wadah untuk mendokumentasikan karya-karya yang menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah.

Setelah pemaparan materi selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab. Peserta sangat antusias dalam menanyakan cara penggunaan Platform Merdeka Mengajar.  Kemudian KKG ditutup oleh Nita Dewi Nurdianawati ketika waktu telah menunjukan pukul 12.30 WIB.