KKG Ki Hajar Dewantoro Kupas Tuntas Percepatan PMM

KKG Gugus Ki Hajar Dewantara melaksanakan kegiatan KKG secara luring dan daring. Kondisi cuaca yang tidak mendukung sehingga kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring, kegiatan secara luring di SD Negeri 1 Duwet dan daring yang diikuti SDN 4 Gambirmanis (Kamis, (09/02/2023). Kegiatan KKG dihadiri oleh guru kelas segugus Ki Hajar Dewantara. Kegiatan KKG dibuka mulai pukul 11.00 WIB diimpin oleh Bapak Tri Sadari dengan ucapan basmalah diikuti oleh semua peserta KKG.

Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua pada paket  materi Platfom Merdeka Mengajar (PMM) Pemateri menekankan tentang pentingya peran teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pembelajaran akan terasa menyenangkan jika dalam penyampaian materi guru menggunakan berbagai media/alat/strategi.

Pada pertemuan kedua ini narasumber Wahyu Utami menjelaskan tentang cara pembuatan aksi nyata topik 2 menggunakan aplikasi Power Point maupun menggunakan Apk Canva. Peserta KKG sangat antusias dalam pembuatan aksi nyata topik 2 platform merdeka mengajar, sehingga mampu meningkatkan kompetensi kita sebagai pendidik. Dalam menyelesaikan Aksi Nyata, diharapkan guru memahami syarat dan ketentuan penyusunan Aksi Nyata. Sebenarnya beberapa Aksi Nyata sudah dilakukan oleh guru, namun diperlukan pendokumentasian kegiatannya. Hal ini bisa menjadi bahan untuk pembuatan Aksi Nyata. Di akhir kegiatan beberapa peserta berhasil mengunggah Aksi Nyata PMM, sebagian peserta yang lain akan mengunggah di kesempatan KKG berikutnya karena ada yang belum bisa dipahami.

Setelah pemaparan materi selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab. Peserta sangat antusias dalam menanyakan cara pengunggahan aksi nyata di platform merdeka mengajar.  Kemudian KKG ditutup oleh Wahyu Utami  ketika waktu telah menunjukan pukul 13.00 WIB.