KKG Ki Hajar Dewantara Kupas Tuntas Percepatan PMM  

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Ki Hajar Dewantara kembali melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara luring di SD Negeri 1 Duwet. Pertemuan KKG dilaksanakan pada Kamis (23/02/2023) dihadiri oleh guru kelas sewilayah Gugus Ki Hajar Dewantara. Kegiatan dimulai pukul 11.00 WIB oleh Tri Sadari dengan mengucap basmalah diikuti oleh semua peserta KKG lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pertemuan ini merupakan pertemuan keempat pada paket  materi Platform Merdeka Mengajar (PMM).  

Narasumber, Wahyu Utami menekankan pentingnya penerapan Platfom Merdeka Mengajar untuk memperoleh pengetahuan dari modul-modul di Pelatihan Mandiri agar mampu diimplementasikan dalam pembelajaran. Narasumber menjelaskan tentang cara pembuatan aksi nyata topik 4 menggunakan aplikasi power point maupun menggunakan aplikasi Canva. Peserta KKG sangat antusias dalam pembuatan aksi nyata topik 4 ini sehingga mampu meningkatkan kompetensi peserta sebagai pendidik. Manfaat dari PMM untuk mendukung guru agar dapat mengajar lebih baik, mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum merdeka, memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar, mengembangkan kompetensinya kapan pun dan dimana pun, serta mendorong guru untuk terus berkarya. Guru dapat memanfaatkan PMM ini dengan mengakses banyak materi pembelajaran serta dapat meningkatkan karir kita sebagai pendidik karena banyak pelatihan mandiri yang bisa diikuti.  

Setelah pemaparan materi selesasi, sesi berikutnya adalah tanya jawab. Banyak peserta mengajukan pertanyaan seputar permasalahan yang dihadapi dalam pembuatan aksi nyata topik 4 ini. Sebagian besar peserta sudah mampu mengunggah aksi nyata topik 4 ini di Platform Merdeka Mengajar. Kegembiraan terpancar dari keberhasilan peserta mengikuti kegiatan hari ini. Pertemuan KKG ditutup oleh Wahyu Utami ketika waktu telah menunjukkan pukul 13.00 WIB.