KKG Ki Hajar Dewantara Jatisrono Siapkan Bahan Ajar PJJ

KKG Ki Hajar Dewantara Jatisrono kembali mengadakan kegiatan rutin secara virtual dengan Microsoft Teams, Sabtu, 27 Februari 2021. Kegiatan ini dimulai pukul 09.30 sampai 11.30 WIB dan diikuti 60 peserta. Kegiatan ini dibuka oleh Sugiyono, selaku ketua KKG Ki Hajar Dewantara. Beliau membuka acara serta memberi semangat kepada seluruh anggota KKG Ki Hajar Dewantara untuk mengikuti KKG meskipun sebagian peserta sedang WFH, namun tidak menyurutkan semangat dalam mengikuti kegiatan KKG secara virtual.  

 

Berikutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatisrono, Harsono. Pada kesempatan ini, Harsono banyak memberi motivasi kepada para peserta KKG Ki Hajar Dewantara, untuk lebih peka dan mempersiapkan kemajuan pendidikan untuk Kecamatan Jatisrono. E-Rapor yang sudah mulai digunakan menjadi bukti bahwa kemajuan teknologi informasi di bidang pendidikan tak bisa dibendung. Tak lupa  sebagai guru, kita harus mempersiapkan para siswa untuk menghadapi PTS dan PAT agar mendapatkan nilai yang baik sesuai yang diharapkan. 

Acara inti penyampaian materi KKG hari ini adalah tentang bahan ajar yang disampaikan oleh Ponco Handono. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi  solusi  sementara untuk menjamin keberlangsungan pendidikan di masa pandemi. Hal yang sangat berbeda ketika guru melaksanakan pembelajaran tatap muka dan kemudian melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Buku siswa yang sedianya mampu menjadi bahan ajar yang memudahkan siswa dalam belajar tatap muka menjadi kurang efektif dan efisien karena muatan yang terlalu padat dan luas jika diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga banyak solusi bahan ajar yang kita siapkan.   

Bahan Ajar adalah seperangkat  bahan yang memuat materi atau isi pembelajaran yang didesain dalam bentuk bahan yang digunakan siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar. Adapun fungsi bahan ajar berperan sebagai bahan ajar mandiri, sebagai alat peraga pembelajaran, sumber belajar. Pengembangan bahan ajar meliputi audio visual, media cetak, audio, dan media visual. Penyampaian materi ini dipaparkan dengan apik dan menarik serta diberikan contoh pemutaran film pendek yang dibuat oleh guru dan siswa SD Negeri 1 Jatisrono. Film ini pernah masuk menjadi finalis dalam lomba film pendek yang diselenggarakan oleh Perpusda Wonogiri 

Lebih lanjut Ponco Handono menyampaikan bahwa karakteristik siswa sekolah dasar juga perlu kita perhatikan yaitu senang bermain, rasa ingin tahu tinggi, suka berkelompok, menyukai banyak warna, penjelasan konkret, perlu contoh, petunjuk yang jelas. Sedangkan penentu kualitas bahan ajar misalnya disusun secara sistematis komprehensif, dan dalam mencapai KD yang telah ditetapkan dikembangkan dari yang mudah ke yang sukar, operasional ke konkrit, sederhana ke yang rumit pembelajaran yang bervariasi berpusat pada siswa dan mengaktifkan peserta didik, memberi kemudahan kepada guru dan siswa mengembangakan seluruh potensi siswa meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik, Diakhir acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan baik oleh peserta KKG Ki Hajar Dewantara Kecamatan Jatisrono. 

 

  

 

.