KKG KH. Achmad Dahlan Mantapkan Google Workspace For Education

KKG KH. Achmad Dahlan Kecamatan Pracimantoro kembali melaksanakan KKG (Kegiatan Kolektif Guru) secara luring di SD Negeri 1 Pracimantoro pada Kamis (11/8/2022). KKG kali ini dilaksanakan secara luring dihadiri oleh 82 peserta.  KKG dibuka pukul 10.30 WIB oleh Ketua KKG KH. Achmad Dahlan, Ratri Prihantoro dengan ucapan basmalah bersama-sama.

Sambutan yang pertama oleh Ketua Gugus KH. Achmad Dahlan Ratri Prihantoro, Guru SD Negeri 1 Pracimantoro. Beliau mengucapkan puji syukur kehadiran Allah SWT atas rahmat dan nikmat sehat, sehingga dapat mengikuti kegiatan KKG Gugus KH. Achmad Dahlan paket 4 pada pertemuan ke-2. Ucapan terima kasih dan harapan disampaikan agar seluruh rangkaian KKG Gugus KH. Achmad Dahlan diikuti dengan baik dan berjalan lancar.

Pada pertemuan kedua ini narasumber, Nita Dewi Nurdianawati menjelaskan tentang membuat Google Slide. Google Slide adalah aplikasi presentasi online yang memungkinkan membuat dan memformat presentasi dan bekerja bersama orang lain. Langkah pertama adalah membuka layar utama (di buka melalui crome dan menggunakan akun belajar.id karena mempunyai kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas). Di dalam Google Slide ini guru bisa menampilkan gambar, video ataupun hiperlink.

Menambahkan gambar ke Google Slide dengan klik insert kemudian klik image. Sumber dalam menambahkan gambar bisa berasal dari komputer/lapotop, telusuri web, drive, foto, menurut URL. Jika ingin menambahkan video ke presensi klik insert kemudian klik video, kemudian akan dialihkan ke laman Youtube.com kemudian pilih video yang akan dipilih dan klik select. Jika ingin membuat hiperlink dalam presentasi blok/klik tulisan/gambar kemudian klik kanan pilih link, kemudian bisa memilih link yang akan digunakan.

Jika sudah selesai membuat presentasi langkah selanjutnya adalah membagikan file dari Google Drive. Di komputer, buka Google Slide kemudian klik file yang ingin dibagikan kemudian klik bagikan atau bagikan. Setelah pemaparan materi selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab. Kemudian KKG ditutup oleh Nita Dewi Nurdianawati ketika waktu telah menunjukan pukul 13.30 WIB.