KKG KH. Achmad Dahlan Kembali Gelar Google Workspace for Education

Kegiatan KKG Gugus KH. Achmad Dahlan kembali dilaksanakan secara luring di SD Negeri 1 Pracimantoro pada Sabtu (20/8/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 82 peserta. KKG dimulai pukul 10.30 WIB oleh Ketua KKG Gugus KH. Achmad Dahlan Ratri Prihantoro dengan ucapan basmalah diikuti oleh semua peserta KKG.

Pertemuan ini merupakan yang terakhir pada paket 4 materi “Google Workspace for Education”. Dalam pertemuan terakhir ini, narasumber  Nita Dewi Nurdianawati memaparkan materi tentang cara pembuatan Google Form melalui akun belajar id.

Sebelum ke materi inti, Nita Dewi Nurdianawati menekankan tentang pentingya peran teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pembelajaran akan terasa menyenangkan jika dalam penyampaian materi guru menggunakan berbagai media/alat/strategi. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan pembuatan Google Form.

Langkah pertama dalam membuat Google Form adalah membuka akun belajar.id di browser Google Chrome. Kemudian klik drive, lalu pilih new kemudian klik Google Form. Sebelum membuat question sebaiknya ke setting untuk mengatur Google Form yang akan dibuat. Pengaturan quiz, responses, presentation dan defaults. Setelah pengaturan selesai kemudian dilanjutkan dengan pembuatan question. Di dalam pembuatan Google Form bisa berupa pilihan ganda, uraian singkat, kotak centang ( untuk opsi jawaban lebih dari satu), dan video. Dalam membuat soal pilihan ganda langkah pertama adalah menuliskan pertanyaan dan opsi jawaban. Kemudian setelah soal dan jawaban selesai dibuat kemudian membuat kunci jawaban dan bobot poin soal serta klik required (wajib dikerjakan). Jika opsi jawaban berupa gambar bisa mengupload gambar (bisa diambil dari camera, url, drive, photo dan google image search). Dalam soal uraian singkat yang perlu diperhatikan dalam pembuatan opsi kunci jawaban adalah huruf besar dan kecilnya agar jawaban siswa bisa sepenuhya termuat. Di Google Form guru juga bisa membuat soal dalam bentuk video dan bisa diatur jumlah video dan ukuran filenya saat dikirim. Jika sudah selesai dalam membuat Google Form langkah terakhir adalah membagikan Google Form yang dibuat. Membagikan Google Form bisa melalui email dan url.

Setelah pemaparan materi selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya-jawab. KKG ditutup oleh Nita Dewi Nurdianawati ketika waktu telah menunjukan puku 13.00 WIB.