KKG KH. Achmad Dahlan Gelar Sosialisasi   Materi Media Pembelajaran

KKG Gugus KH. Achmad Dahlan kembali melaksanakan KKG Paket 5 pertemuan 1 (Sabtu, 10 September 2022). Kegiatan ini diikuti oleh 82 peserta dan dimulai pukul 10.30, selesai pukul 13.30. Kegiatan dibuka oleh moderator Fita Rahmawati dengan bacaan basmalah diikuti oleh semua peseta KKG. 

Narasumber materi Media Pembelajaran adalah Winarni. Beliau memaparkan tentang pentingnya media pembelajaran yang digunakan guru, dengan media yang tepat pembelajaran akan mencapai tujuan dan siswa lebih antusias dan senang dalam proses pembelajaran. 

Pada materi inti narasumber menekankan pada pembuatan media video dalam pembelajaran. Video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencermati materi pembelajaran secara lebih mudah dan menarik. 

Kelebihan video pembelajaran antaralain : pembelajaran lebih menarik, materi lebih mudah dipahami, mengatasi keterbatasan ruang/waktu, dan bersifat fleksibel dan praktis. Pembuatan video pembelajaran perlu dipersiapkan kamera, microphone, lighting dan tripot, alat editing (laptop,PC,HP), software editing (filmora, kinemaster,video editor dll), alat tambahan (green screen, kostum, alat peraga). 

Langkah pertama dalam pembuatan video pembelajaran adalah pembuatan skenario. Tujuan pembuatan scenario adalah untuk mempermudah proses pengumpulan konten, shooting, persiapan alat dan bahan. Langkah-langkah dalam pembuatan scenario antara lain : menemukan materi yang akan di bahas, mencari referensi dari buku, internet atau sumber yang lain, menentukan judul, menuliskan urutan tampilan video, dan evaluasi scenario dan perbaikan. Yang kedua adalah persiapan konten. Konten terdiri dari materi pembelajaran, video, gambar, music, dan narasi. Yang berikutnya adalah persiapan shooting dan recording. Dalam shooting dan recording terdapat beberapa hal penting, antara lain : pencahayaan, tripot, penggunaan aba-aba, sinematografi, ilmu acting, dan volume suara keras dan jernih. Bagian terakhir dalam pembuatan video pembelajaran adalah proses editing. Mengelola file, pengoperasian aplikasi editing, memotong menghapus menyambung video, penambahan efek, render adalah hal-hal yang diperlukan dalam proses editing sebuah video. 

Setelah pemaparan materi selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya-jawab. KKG ditutup oleh ibu Fita Rahmawati ketika waktu telah menunjukan puku 13.30 WIB.