KKG KH. Achmad Dahlan Gelar Sosialisasi Assesmen Pembelajaran

KKG KH. Achmad Dahlan Kecamatan Pracimantoro kembali melaksanakan KKG (Kegiatan Kolektif Guru) secara luring di SD Negeri 1 Pracimantoro (Kamis, 28 Juli 2022). Pelaksanaan KKG kali ini dilaksanakan secara luring dihadiri oleh 81 peserta.  KKG dibuka pukul 12.00 WIB oleh Ketua KKG Ratri Prihantoro dengan ucapan basmalah secara bersama-sama.

Ratri Prihantoro sebagai ketua KKG melanjutkan dengan sambutan, beliau mengucapkan puji syukur kehadiran Allah Swt. atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita diberikan beberapa nikmat, salah satunya nikmat sehat. Sehingga dapat mengikuti kegiatan KKG Gugus KH. Achmad Dahlan paket 3 pada pertemuan ke 3 secara luring. Guru SD Negeri 1 Pracimantoro ini juga mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada semua yang hadir pada kegiatan ini.  Beliau berharap agar seluruh rangkaian KKG Gugus KH. Achmad Dahlan diikuti dengan baik dan berjalan lancar.

Materi inti disampaikan oleh Sutrisno. Beliau menjelaskan tentang penilaian KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4. Adapun alur penilaian kompetensi sikap (KI dan K2) terdiri dari observasi harian, jurnal harian, rekap jurnal harian semester, rapat dewan guru, dan rapor deskripsi sikap (KI-1 dan KI-2). Nilai utama karakter pada Sikap Spiritual (KI-1) yaitu: Religiusitas (beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan). Yang kedua adalah Integritas (jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dll). Nilai utama pada Sikap Sosial (KI-2), yaitu: Nasionaloisme (cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban, taat hukum, dll). Yang kedua adalah Kemandirian (disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, Tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, pembelajaran sepanjang hayat, dll). Yang ketiga Gotong royong (suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan, aktif dalam kegiatan bermasyarakat, dll). Yang keempat adalah Integritas (jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji, anti korupsi, dll).KI-3 (pengetahuan) harus dibuat perencanaan, pengolahan nilai dan pelaporan yang baik. KI-4 (keterampilan) dibuat perencanaan dan pelaporan yang baik.

Setelah pemaparan materi selesasi sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab. Kemudian KKG ditutup oleh Sutrisno ketika waktu telah menunjukan puku 15.00 WIB.