KKG Kecamatan Slogohimo Berbagi Ilmu dan Cerita dengan Canva

Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Slogohimo berkolaborasi mengadakan kegiatan bersama dalam pembuatan media pembelajaran berbasis Canva (Kamis, 31/3/2022). Diikuti dari berbagai Gugus KKG, antara lain KKG PAI, KKG Penjasorkes SD, KKG Sudirman, KKG Gajah Mada, KKG Ki Hajar Dewantoro yang berlangsung secara daring dengan Google Meet 

Peserta yang hadir disapa oleh host, Dony Agung Setiyawan guru SD Negeri 1 Pandan, sekaligus membuka acara dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pukul 10.15 WIB, Tri Widodo selaku Ketua Panitia memberikan sambutan kepada seluruh peserta yang hadir. Beliau mengimbau agar seluruh guru bisa mengikuti kegiatan, karena menghadirkan narasumber yang luar biasa. Harapannya kegiatan ini bisa dimaksimalkan di pangkalan masing-masing. Tri Widodo juga berharap rangkaian materi yang disampaikan oleh narasumber diikuti dengan baik dan tugas-tugas yang diberikan juga diselesaikan. Program-program seperti ini harus didukung dan selanjutnya akan dilakukan secara bertahap. 

Kepala SD Negeri 3 Randusari, Purwanto memberikan sambutan sebagai perwakilan dari Korwilcambidik dan KKKS Slogohimo yang berhalangan hadir, dikarenakan bertepatan dengan agenda di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Beliau menyampaikan pesan terima kasih dari Korwilcambidik dan KKKS atas terselenggaranya KKG bersama jilid 1. Ucapan terima kasih untuk narasumber yang akan menyampaikan materi dan para guru peserta. Sebagai pendidik di Slogohimo harus senantiasa meningkatkan kompetensi dan skill sehingga bisa melayani siswa dengan sebaik-baiknya. Mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, saling sharing dan berkolaborasi sehingga bisa membangun pendidikan di Kecamatan Slogohimo. 

Host selanjutnya menyerahkan serangkaian acara kepada Budi Haryono sebagai moderator untuk memandu jalannya pelatihan. Beliau menyampaikan profil narasumber, Madhona Widyaningrum, yang merupakan guru SD Negeri 2 Soco Slogohimo, pernah mengikuti TOT-Canva-JSDI 2020 dengan predikat terbaik. Mengikuti inovasi guru peringkat pertama tingkat Kecamatan Slogohimo. Aktif di IGI (Ikatan Guru Indonesia) sebagai Pengurus Daerah Kabupaten Wonogiri. Narasumber juga sedang menjalani proses pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 4. Untuk peserta yang ingin bertanya dan berdiskusi bisa mengaktifkan raise hand. 

Madhona Widyaningrum sebagai narasumber memaparkan, peserta harus mempersiapkan email yang belum pernah didaftarkan di Canva sebagai langkah pertama. Mengisi kantong tugas untuk mendapatkan sertifikat dari JSDI. Email nanti akan mendapat Surat Cinta dari Canva sebagai kode verifikasi berisi enam digit angka. Setelah itu bisa masuk pada akun Canva dan mulai berkarya. Berbagai fitur di Canva bisa dieksplorasi sesuai kreatifitas masing-masing. Bila ada fitur yang belum bisa digunakan dengan tanda Mahkota Kuning artinya itu harus berlangganan, tapi hal itu bisa didapatkan secara gratis ketika kita mengkuti pelatihan dari Canva dan menyelesaikan tugas dengan baik.  Beberapa pertanyaan dari peserta antara lain, Canva ini digunakan untuk apa dan dijawab oleh narasumber dengan menampilkan karya-karya yang luar biasa untuk media pembelajaran, menarik dan membuat pembelajaran semakin menyenangkan bagi siswa. 

Modorator menyerahkan kembali acara kepada host sebagai penutup kegiatan. Harapannya guru-guru di Slogohimo bisa menerapkan ilmu yang telah didapatkan pada kesempatan ini. Kegiatan ditutup dengan doa bersama.