KKG Kecamatan Puhpelem Sukses Gelar Penyusunan SKP Online Part 2

Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Puhpelem sukses menggelar kegiatan Penyusunan SKP Online Part 2. Kegiatan ini diikuti anggota KKG Gugus Potrokusumo dan KKG Gugus Budi Utomo secara daring menggunakan Microsoft Teams Pada Sabtu, 13 Maret 2021. 

Virus Covid-19 yang melanda negeri selama setahun terakhir telah mengubah pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa juga kegiatan guru dalam peningkatan profesionalitas di Kabupaten Wonogiri, kegiatan yang semula tatap muka berubah menjadi daring. 

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dan Perka-BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja PNS yang mewajibkan setiap PNS untuk menyusunnya. Tahun 2020 penyusunan SKP di Wonogiri secara online. Tindak lanjut dari pelaksanaan KKG materi penyusunan SKP Online KKG Sabtu lalu, KKG perlu melaksanakan praktik penyusunan SKP Online part 2. 

Kegiatan dipandu oleh Suprayitno guru SD Negeri 1 Golo, dibuka dengan bacaan basmalah, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stansa kemudian doa dipimpin oleh Andi guru PAI dan Budi Pekerti SD Negeri 1 Giriharjo. Sambutan oleh Heru Dian Prasetiyo, selaku ketua KKG Gugus Potrokusumo dalam sambutannya beliau memberikan motivasi guru-guru SD Kecamatan Puhpelem terkait edaran pengerjaan e-rapot online di semester 2 dan teknis penyusunan SKP online. Beliau juga mengingatkan pada peserta KKG untuk mengisi presensi yang telah dishare di grup KKG baik Gugus Potrokusumo maupun Gugus Budi Utomo. 

 

Penyampaian materi penyusunan SKP Online part 2 oleh narasumber yaitu Sugiyarto guru SD Negeri 2 Giriharjo, sebelum mengisi SKP online beliau menyampaikan untuk membuat  SKP manual terlebih dahulu di file excel supaya mudah dalam Menyusun SKP online. Login ke aplikasi SKP online melalui browser, jika ada perubahan data silahkan menghubungi admin SIMPEG. Beliau melanjutkan praktik teknik penyusunan SKP online guru kelas, guru mapel, kepala sekolah mulai dari login alamat web SKP, merencanakan kegiatan-kegiatan utama dan penunjang yang akan dilaksanakan selama tahun SKP berjalan, pengisian angka kredit, kuantitas/output, waktu, kualitas/mutu masing-masing kegiatan. Setelah yakin dengan isian SKP simpan dan kirim. Beliau juga mempraktikkan login akun kepala sekolah untuk memverivikasi SKP guru kelas, guru mapel, dan penjaga sekolah. Setelah diverivikasi kepala sekolah SKP bisa diprint langsung atau didownload dulu kemudian diprint. 

 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam penyusunan SKP 2020. Di akhir kegiatan, narasumber memotivasi guru-guru di Kecamatan Puhpelem untuk menyusun mandiri SKP online, apabila dalam penyusunan ada kesulitan narasumber siap membantu