KKG Kecamatan Puhpelem Pelajari Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis PowerPoint

Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Puhpelem sukses menggelar kegiatan virtual dengan tema pembuatan video pembelajaran berbasis powerpoint. Kegiatan ini diikuti anggota KKG Gugus Potrokusumo dan KKG Gugus Budi Utomo secara daring menggunakan Microsoft Teams Pada Sabtu, 10 April 2021 pukul 09.00 – selesai WIB.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa dan kegiatan guru dalam peningkatan profesionalitas di Kabupaten Wonogiri pada masa pandemi Covid-19 berubah dari yang semula tatap muka menjadi daring. Pembelajaran daring yang telah berjalan 1 tahun lebih menimbulkan kejenuhan siswa, guru, dan orang tua. Guru sebagai pendidik harus memiliki berbagai strategi pengelolaan pembelajaran di kelas dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Video pembelajaran berbasis powerpoint adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas.

Heru Dian Prasetiyo, guru SD Negeri 1 Giriharjo bertugas sebagai host mengawali kegiatan dengan membuka kegiatan dan menyapa semua peserta KKG Gugus Potrokusumo dan Budi Utomo. Selanjutnya kegiatan dipandu oleh moderator Dwi Purwanto, guru SD Negeri 2 Sukorejo. Dibuka dengan bacaan basmalah, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stansa, doa dipimpin Andi, Guru PAI SD Negeri 1 Giriharjo.

Penyampaian materi pembuatan video pembelajaran berbasis powerpoint oleh narasumber yaitu Iwan Santoso, guru PAI SD Negeri 1 Nguneng. Beliau menyampaikan cara pembuatan video pembelajaran berbasis powerpoint. Langkah awal pembuatan video pembelajaran berbasis powerpoint adalah menyiapkan background, gambar-gambar, teks, audio yang akan digunakan dalam video pembelajaran. Selanjutnya adalah membuka powerpoint memasukkan background, gambar-gambar, teks, audio yang sudah disiapkan diatur sesuai dengan animasi yang diinginkan di masing-masing slide. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab kesulitan-kesulitan yang dialami ketika membuat video pembelajaran berbasis powerpoint. Di akhir kegiatan, narasumber memotivasi guru-guru di Kecamatan Puhpelem untuk membuat video pembelajaran berbasis powerpoint disesuaikan dengan materi pembelajaran. Apabila dalam pembuatan video pembelajaran berbasis powerpoint ada kesulitan narasumber siap membantu. Kegiatan ditutup dengan bacaan hamdalah.