KKG Kecamatan Puhpelem Pelajari Media Pembelajaran PhET

 Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Puhpelem sukses menggelar kegiatan virtual dengan tema Penggunaan Media Pembelajaran PhET. Kegiatan ini diikuti anggota KKG Gugus Potrokusumo dan KKG Gugus Budi Utomo secara daring menggunakan Microsoft Teams pada Sabtu, 3 April 2021 pukul 09.00- selesai WIB. 

Virus Covid-19 yang melanda negeri selama setahun lebih telah mengubah pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa juga kegiatan guru dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan yang semula tatap muka berubah menjadi daring. Pembelajaran daring yang telah berjalan sekian lama menimbulkan kebosanan siswa, guru, dan orang tua. Guru sebagai pendidik harus pandai-pandai mengelola pembelajaran di kelasnya dengan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Model pembelajaran PHeT adalah pembelajaran dengan memanfaatkan software pembelajaran dari Universitas Colorado yang dapat digunakan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. 

Kegiatan dipandu oleh Dwi Purwanto guru SD Negeri 2 Sukorejo. Dibuka dengan bacaan basmalah, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Penyampaian materi penggunaan media pembelajaran PHeT oleh narasumber yaitu Heru Dian Prasetiyo guru SD Negeri 1 Giriharjo. Beliau menyampaikan pengertian model pembelajaran PHeT (Physics Education Technology) yaitu sebuah situs yang menyediakan simulasi pembelajaran fisika dan kimia yang gratis untuk didownload untuk kepentingan pengajaran di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan individu. Sebelum menggunakan model pembelajaran PHeT guru membuat LKS (Lembar Kerja Siswa). Manfaat LKS (Lembar Kerja Siswa) adalah menanamkan konsep ke siswa, menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan, penuntun belajar, penguatan, dan petunjuk praktikum. Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran PHeT adalah login ke https://phet.colorado.edu/, pilih simulasi (Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Kebumian, Biologi, Browse Sims, Prototypes, Simulasi Terjemahan) yang sesuai dengan LKS (Lembar Kerja Siswa), pilih grade level Sekolah Dasar, pilih percobaan yang ada sesuai dengan LKS (Lembar Kerja Siswa). 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam penggunaan model pembelajaran PHeT. Di akhir kegiatan, narasumber memotivasi guru-guru di Kecamatan Puhpelem untuk menggunakan media pembelajaran PHeT apabila dalam penyusunan ada kesulitan narasumber siap membantu.