KKG Kecamatan Batuwarno Kembali Gelar Vicon e-Rapor

KKG Gugus Diponegoro dan Ronggowarsito Kecamatan Batuwarno kembali menggelar virtual conference dengan materi “e-Rapor” (Rabu, 22/9/2021). Meteri e-rapor kembali dipilih karena masih banyak kendala yang dihadapi para guru dalam pengerjaanya. Kegiatan ini digelar sebagai sarana diskusi bagi para guru untuk memecahkan masalah bersama dalam pengisian e-rapor.

Narasumber pada KKG kali ini adalah Miftahul Himmatinnur dari SD Negeri 1 Ronggojati dan Fredy Leoagni Nantama dari SD Negeri 2 Sumberejo. Kegiatan virtual conference dimulai pukul 08.00 s.d 10.00 WIB dengan host sekaligus moderator, Aprin Wahyani dari SD Negeri 3 Tegiri. KKG virtual diawali dengan pembacaan susunan acara oleh host sekaligus moderator dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno, Heri Hartanto memberikan sambutan setelah lagu Indonesia Raya selesai dinyanyikan. Beliau menyampaikan tentang pentingnya menyimak materi pada kegiatan KKG, selain mendapatkan ilmu juga dapat berdiskusi memecahkan masalah bersama. Heri Hartanto juga menyampaikan bahwa akan diadakan vaksinasi bagi peserta didik dengan usia minimal 12 tahun. Untuk itu sekolah diharapkan segera mengirimkan data peserta didiknya agar dapat diproses. Setelah sambutan dari Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber.

Narasumber pertama, Miftahul Himmatinnur dari SD Negeri 1 Ronggojati mengulas kembali cara login dan pengerjaan e-rapor untuk mengingatkan para guru. Tahap demi tahap dapat diikuti dengan baik oleh para peserta KKG, penjelasan dilanjutkan dengan cara backup data di e-rapor dan Dapodik agar tidak hilang. Narasumber juga menjelaskan agar para guru memastikan data yang ada di Dapodik sudah benar. Sinkronkan e-rapor dengan Dapodik, pastikan saat sinkronisasi sinyal bagus.

Narasumber kedua, Fredy Leoagni Nantama dari SD Negeri 2 Sumberejo memandu diskusi tentang kendala yang dihadapi pada pengerjaan e-rapor. Mengulas kembali pengerjaan pada semester 1 yang masih banyak mengalami kesulitan dan salah input nilai atau deskripsi tidak muncul. Narasumber menjelaskan jika deskripsi tidak muncul pasti ada salah satu langkah yang belum dilampaui atau belum diselesaikan. Pada pertengahan semester 2 ini, diharapkan para guru sudah memiliki nilai untuk diinput pada e-rapor. Sesuaikan penilaian dengan tema, dan jangan lupa mengisi perencanaan nilai pada aplikasi e-rapor.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh host sekaligus moderator setelah narasumber selesai menyampaikan materi. Peserta aktif dan berdiskusi bersama narasumber. Pertanyaan dari Lia Yunita guru SD Negeri 2 Sumberagung dapat dijawab dengan baik oleh narasumber. Pertanyaannya adalah tentang kesulitan menyinkronkan nilai dengan Dapodik.  Kegiatan diakhiri dengan foto bersama secara virtual.