KKG Jendral Sudirman Wuryantoro Kupas Tuntas Aksi Nyata PMM

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Platform ini menyediakan berbagai topik yang dapat dipilih dan dipelajari oleh guru dalam menunjang pemahaman guru terhadap merdeka belajar.

KKG Jendral Sudirman pada Sabtu, 28 Januari 2023 mengadakan kegiatan perdana dengan mengangkat tema kupas tuntas aksi nyata topik 1 PMM. Sebagai pembicaranya adalah Anis Ayu Agustin. Pada kegiatan perdana  ini pembahasan yang diangkat berkaitan dengan aksi nyata topik 1 yang berjudul Merdeka Belajar. Di mana pada topik 1 ini terdapat aksi nyata yang perlu dibuat oleh guru berupa menyebarkan pemahaman merdeka belajar melalui presentasi, poster, lagu, puisi atau bentuk lainnya.

Dalam topik 1 terdapat 5 modul dengan materi yang berbeda-beda seperti: mengenali dan memahami diri sebagai pendidik, mendidik dan mengajar, mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh, mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti, pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan.

Kegiatan KKG perdana ini diawali dengan sambutan dari Sutarno sebagai ketua K3S, dalam sambutannya Sutarno menyampaikan bahwasannya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melakukan percepatan dalam pembuatan aksi nyata pada topik 1 sampai 4. Di mana dalam upaya percepatan tersebut diluncukanlah aplikasi PRINGGONDANI (Progress Individu Guru Wonogiri dalam Pelatihan Mandiri), aplikasi ini dapat diinstal pada ponsel pintar. Aplikasi ini bertujuan untuk  memantau progres guru khusunya Kabupaten Wonogiri dalam pelatihan mandiri. Disampaikan pula bahwa percepatan ini dalam upaya optimalisasi penggunaan PMM oleh guru.

Selanjutnya Anis sebagai narasumber menyampaikan bahwa aksi nyata pada topik 1 ini dapat dibuat berupa poster karena dirasa lebih mudah dan tampilannya menarik. Poster tersebut dapat dibuat melalui aplikasi Canva yang dapat diakses secara online tetapi tidak menutup kemungkinan aksi nyata tersebut dibuat dalam bentuk PPT, puisi, lagu dan lain sebagainya. Tidak lupa ketika sudah selesai dalam membuat aksi nyata pada topik 1 ini ditambahkan dengan umpan balik. Umpan balik ini dapat dibuat menggunakan google form yang nantinya link google form yang telah dibuat dapat dishare ke grup WA sekolah agar nantinya dapat diisi oleh guru yang lainnya.  Kegiatan KKG pada perrtemuan pertama ini akan dilanjutkan pada minggu berikutnya untuk mengevaluasi aksi nyata topik 1 dan pembahasan aksi nyata topik 2.