KKG Jenderal Sudirman Selenggarakan Vicon Pengelolaan Penilaian

FKKG Kecamatan Kismantoro menggelar Virtual Conference (Vicon) melalui Google Meet pada Sabtu, 26 Maret 2022 dengan materi Pengelolaan Penilaian, penanggung jawab acara adalah KKG Jendral Sudirman Kismantoro . Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru se- Kecamatan Kismantoro, dengan peserta kurang lebih sebanyak 90 orang. Bertindak sebagai Host adalah Putut, dari SDN 2 Bugelan, dan Moderator oleh Liana, dari SDN 3 Bugelan, Pemateri oleh Ery Mulat Yulia, Kepala Sekolah SDN 1 Watusomo Kec. Slogohimo.

KKG dimulai dengan Pembukaan, dilanjutkan pemutaran lagu Indonesia Raya 3 stanza dilanjutkan sambutan sambutan dari Korwilcam Bidik Kismantoro yaitu Sutrisno, beliau menyampaikan terimakasih kepada narasumber yang berkenan memberikan pemahaman tentang Pengelolaan Penilaian yang diharapkan ilmu yang telah disampaikan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Wonogiri khususnya kecamatan Kismantoro. Beliau mengingatkan seluruh peserta untuk selalu meningkatkan kompetensi salah satunya melalui forum KKG ini. Beliau juga mengharapkan kepada seluruh peserta agar mendengarkan dengan seksama penjelasan dari narasumber mengingat materi penilaian ini begitu penting, karena penilaian merupakan salah satu tugas pokok sebagai seorang guru.

Kegiatan inti vicon dengan materi Pengelolaan Penilaian ini disampaikan oleh narasumber yang diawali dengan penjelasan pengertian dan kegunaan Pengelolaan Penilaian, kemudian dilanjutkan penjelasan materi prinsip penilaian. Di dalam kurikulum 13 ini guru tidak boleh memberi penilaian kepada peserta didik hanya meggunakan pengamatan kebiasaan, namun harus memenuhi prinsip penilaian. Kemudian beliau memaparkan tentang Teknik penilaian, Teknik penilaian ini harus dilakukan oleh setiap guru dengan benar karena menentukan dalam pengelolaan penilaian yang baik. Dengan Teknik penilaian yang benar dan tepat akan diperoleh penilaian yang objektif dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Pemaparan narasumber sampai pukul 10.40 WIB dilanjutkan sesi tanya jawab.

Kegiatan vicon ini cukup menarik bagi peserta sehingga ada beberapa feedback kepada narasumber. Pada vicon pengelolaan penilaian ini terdapat beberapa pertanyaan yang meliputi seputar format Teknik penilaian. Pertanyaan dari pak wuryanto yakni pada penilaian sikap pengambilan nilainya seperti apa dan kapan sebaiknya dilakukan. Jawaban dari narasumber bahwa penilaian sikap dapat dinilai selama pembelajaran melalui observasi dan bila ada KD maka disesuaikan dengan KDnya. Pertanyaan dari bu Ita tentang nilai nilai yang diperoleh dari berbagai instrument yang ada sebaiknya yang perlu dimasukkan ke daftar nilai instrument penilaian yang mana. Narasumber memberikan jawaban instrument apa saja bisa dimasukkan ke dalam daftar nilai, namun harus sesuai dengan KD yang telah ditetapkan dalam setiap mata pelajaran. Pertanyaan dari pak Slamet Widodo yakni tentang tes psikomotor pada proses penilaian melukis yang kita masukkan itu proses melukisnya atau hasil lukisannya. Narasumber memberikan jawaban dalam kurikulum 2013 mengacu pada penilaian sikap, pengetahuan atau keterampilan, jadi dalam satu kegiatan kita mendapatkan nilai tiga aspek penilaian tersebut. Kegiatan penutup berisi kesimpulan bahwa pengelolaan penilaian yang utama adalah sikap guru yang harus tetap objektif pada peserta didik.