KKG Gugus Teratai Wonogiri Gelar Webinar Pembuatan Modul

KKG Gugus Teratai Wonogiri menyelenggarakan Webinar Pembuatan Modul pada Kamis, 25 Maret dan 9 April 2021. Bertugas pada webinar pertama Marselia Dewi Lovely sebagai host dan Ika Rahmawati sebagai moderator serta Dwi Astuti Indrirahayu sebagai moderator dan Muhammad Riefki sebagai host pada kegiatan kedua. Webinar yang diikuti oleh 55 guru di KKG Gugus Teratai Wonogiri ini menghadirkan Sri Marhaeningsih sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Sri Marhaeningsih menjelaskan bahwa pembuatan modul bermanfaat untuk mempermudah siswa dalam memahami suatu materi. Lebih lanjut beliau memaparkan langkah-langkah pembuatan modul, yang antara lain penyusunan kerangka modul, menulis rincian program, menentukan ukuran format dan huruf, serta menguasai ciri dan format. Tahapan penyusunan modul yaitu mempersiapkan outline dan mengatur urutan materi sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran.

Narsumber juga mengingatkan bahwa sebelum membuat modul perlu dibuat draft terlebih dahulu kemudian ditinjau ulang apakah sudah sesuai atau belum, jika belum, maka kita masuk di draft kedua, dan setelah itu masuk di evaluasi dan perbaikan. Setelah modul dirasa sudah sesuai baru masuk ke tahap finalisasi. Modul harus dibuat semenarik mungkin sehingga modul bisa menjadi teman belajar anak-anak, bahkan bisa dijadikan sebagai sahabat anak. Banyak cara agar modul dapat menarik minat belajar siswa, misalnya dengan cara diberi warna, diberi gambar, dan menggunakan kata-kata yang digunakan mengandung unsur-unsur ajakan. Webinar kemudian dilanjutkan dengan pemaparan beberapa modul yang sudah dibuat oleh guru-guru anggota KKG Gugus Teratai Wonogiri melalui  Microsof Teams.