KKG Gugus Teratai Dorong Percepatan Aksi Nyata

Aksi Nyata guru benar-benar terwujud. Guru se-Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri bersemangat menyelesaikan pelatihan mandiri sebagai sarana belajar bagi mereka. Kegiatan ini dilaksanakan KKG Gugus Teratai Kecamatan Wonogiri pada Sabtu, 29 Januari 2023 di SD Negeri 1 Wonogiri. Pertemuan pertama sekaligus kegiatan perdana bagi pengurus KKG Teratai periode 2023-2025 diikuti dengan antusias oleh para guru gugus Teratai Kecamatan Wonogiri.

Kegiatan ini mengambil topik “Percepatan Aksi Nyata PMM” dengan mengundang instruktur Kabupaten Wonogiri yang juga guru di SD Negeri 4 Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Nanang Sarul Sani dan dipandu oleh Sri Widiastuti dari SD Negeri 6 Wonogiri selaku moderator. Sebagai pendidik, Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan sarana belajar mandiri yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yang di dalamnya memuat modul pembelajaran mandiri guru yang perlu dihayati kemudian diimplementasikan pada ruang kelas masing-masing untuk mewujudkan cita-cita pendidikan nasional.

Nanang Sarul Sani memberikan trik yang baik untuk pembuatan pelaporan aksi nyata agar dapat divalidasi dan mendapat sertifikat. Aksi nyata dapat dibuat dalam bentuk presentasi, flayer, poster, infografis, puisi, lagu ataupun video. Pada kesempatan kali ini Nanang menggunakan media Canva dalam membuat pelaporan aksi nyata. Menjelang akhir acara, Ika Rahmawati guru SD Negeri 3 Wonoboyo melakukan sharing aksi nyata dan memberikan contoh cara mengunggah di PMM serta melakukan pengisian di aplikasi Pringgondani.