KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Selenggarakan  KKG Pembuatan Video Pembelajaran

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sudirman kecamatan Pracimantoro sukses menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG). Kegiatan kali ini dengan tema “Pembuatan Video Pembelajaran”, diselenggarakan secara virtual menggunakan Google Meets pada Selasa, 29 Maret 2022.

Webinar dimulai pukul 10.00 dan yang bertugas sebagai host adalah Mawar Sari Handayani, guru SD Negeri 1 Glinggang dengan moderator  Novi Untari, guru SD Negeri 3 Wonodadi.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 51 orang.

Winarni, selaku narasumber menyampaikan materi tentang Optimalisasi Canva Untuk Membuat Media Video Pembelajaran dan Presentasi Inovasi. Dalam paparannya narasumber menyampaikan tentang media adalah pengantar pesan yang mampu merangsang pikiran siswa dalam proses pembelajaran. Canva bisa menggunakan yang free dan Canva yang Pro. Perbedaan Canva free dan pro adalah pada kapasitas penyimpanannya, seperti tampak pada gambar berikut ini.

Sebelum memulai menggunakan Canva, terlebih dahulu kita mengisi formulir online yang tersedia. Tampilan formulir isian Canva for education meliputi nama, nama sekolah, alamat web sekolah, jabatan di sekolah, jumlah siswa.

Setelah berhasil mendaftar tampilan akun Canva akan mengalami perbedaan. Sebelum disetujui akan berbeda dengan tampilan yang sudah disetujui. Seperti tampak pada gambar berikut ini.

Setelah selesai mendaftar dan berhasil login, selanjutnya membuat video pembelajaran. Sebelum membuat video pembelajaran terlebih dahulu membuat skenario pembelajaran yang meliputi KD, materi, gambar, video, musik yang mendukung  video pembelajaran.

Peserta mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias meskipun diselenggarakan secara virtual. Ada berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham.

            Narasumber memberikan closing statement yaitu dalami 1 aplikasi dulu untuk membuat video pembelajaran, kalau sudah mahir bisa eksplorasi aplikasi yang lainnya.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2022 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.