KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Selenggarakan KKG Paket Materi PJJ

Tim Kreatif KKG Gugus Sudirman bergabung dengan Gugus Ki Hajar Dewantara dan Gugus Pangeran Diponegoro Pracimantoro melaksanakan kegiatan Video Conference (Vicon) pada Sabtu (31 Juli 2021) dimulai pukul 09.00 WIB dengan media Platforms Google Meet. Peserta vicon meliputi kepala sekolah dan guru dari setiap sekolah di wilayah Gugus Sudirman, Ki Hajar Dewantara, dan Pangeran Diponegoro Pracimantoro.

Bertugas sebagai host dalam kegiatan Video Conference (Vicon) tersebut adalah Nita Dewi Nurdianawati, dari SD Negeri 3 Wonodadi, sedangkan moderator oleh Larso, dari SD Negeri 1 Watangrejo. Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pracimantoro, Sri Gunanti, selaku narasumber yang pada kegiatan tersebut membahas tema/materi “Pembelajaran Jarak Jauh” bagian yang ketiga.

Prinsip pelaksanaan Belajar di Rumah (BDR) pola Pembelajaran Jarak Jauh. BDR dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19, yaitu: (1) Keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan, dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR, dan (2) Kegiatan BDR pola PJJ dilaksanakan dengan berpedoman pada kurikulum yang disusun oleh satuan pendidikan.

Dalam paparannya, Sri Gunanti menyampaikan dengan jelas tentang Pembelajaran Jarak Jauh, tugas, dan peran pendidik dalam pelaksanaan BDR, diantaranya menyiapkan RPP PJJ, menentukan metode dan interaksi yang dipakai dalam penyampaian pembelajaran melalui daring, luring, atau kombinasi, menentukan jenis media pembelajaran, dan guru perlu meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pelatihan yang disediakan pemerintah maupun lembaga guna mendukung keterampilan menyelenggarakan PJJ.

Kegiatan KKG daring hari ini diikuti kurang lebih 90 peserta yang berasal dari lingkup Gugus Sudirman, Ki Hajar Dewantara, dan Pangeran DIponegoro. Kegiatan vicon yang berlangsung kurang lebih dua jam ini diikuti oleh bapak dan ibu guru di lingkup wilayah Gugus Sudirman, Ki Hajar Dewantara, dan Pangeran Diponegoro Pracimantoro dengan penuh semangat. Memasuki sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan disampaikan kepada narasumber melalui moderator baik secara langsung maupun melalui kolom chatting room meeting. Narasumber menanggapi dan memberikan jawaban secara lugas sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh partisipan dalam kegiatan webinar hari ini.