KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Selenggarakan Kegiatan Perdana serta Webinar Tentang Pembelajaran Jarak Jauh

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sudirman Kecamatan Pracimantoro menyelenggarakan pembukaan kegiatan sesuai perencanaan untuk 1 tahuh ke depan. Kegiatan paket 1 dengan tema “Pembelajaran Jarak Jauh”.  Dihadiri oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro, Ketua Gugus Sudirman serta Ketua KKG Gugus Sudirman. Kegiatan diselenggarakan secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Senin, 15 Februari 2021.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 dan yang bertugas sebagai host adalah Nita Dewi Nurdianawati, S.Pd. guru SD Negeri 3 Wonodadi dengan moderator  Eni Widiyati, S.Pd. guru SD Negeri 2 Gebangharjo.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 51 orang.

Sambutan yang pertama oleh Ketua Gugus Sudirman Bapak Hudiyono, S.Pd., M.Pd, Kepala SD Negeri 1 Glinggang Kecamatan Pracimantoro. Beliau mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada semua yang hadir pada kegiatan ini.  Beliau berharap agar seluruh rangkaian KKG Gugus Sudirman diikuti dengan baik karena merupakan bagian penting dalam peningkatan profesionalisme, kinerja dan pengembangan karier guru.

Sambutan selanjutnya oleh Ketua KKG Gugus Sudirman Ibu Sunarsi, S.Pd. Dalam sambutannya Beliau melaporkan tentang kegiatan KKG Gugus Sudirman tahun 2021 yang akan dilaksanakan dalam 5 paket dan dalam tiap paket ada 3 kali pertemuan.  KKG merupakan ajang untuk mengasah kompetensi guru agar menjadi professional dan bermutu sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik.

Ibu Sri Gunanti, S.Pd., M.Pd,  Korwil Kecamatan Biddik Pracimantoro selaku narasumber menyampaikan materi tentang Pembelajaran Jarak Jauh yang meliputi: Pandemi, Kebijakan Mendikbud, Kompetensi Guru, Tugas Guru di Masa Pandemi COVID-19 dan Apa aitu PJJ.  Dalam paparannya narasumber menyampaikan agar guru dapat mengakses berbagai fasilitas pembelajaran daring sebagai pendampingan siswa belajar dari rumah.

Adapun tugas guru di masa pandemi COVID-19 menurut narasumber di antaranya yaitu tetap melaksanakan tugasnya meliputi membuat perencanaan (Prota, Promes, Pemetaan KI KD, KKM, Silabus, RPP, Daftar Hadir, Buku Nilai, dll), melaksanakan pembelajaran (PJJ), menilai, menganalisis dan tindak lanjut.

Narasumber juga menyampaikan bahwa RPP PJJ dapat dilihat atau diunduh melalui portal pembelajaran yang dapat diakses melalui alamat https://portal.dinaspdank.wonogirikab.go.id

Peserta mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias meskipun diselenggarakan secara virtual. Ada berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham.

Narasumber memberikan closing statement yaitu PJJ bukan merupakan penugasan jarak jauh namun PJJ adalah pembelajarn jarak jauh sehingga tetap ada interaksi antara guru dengan siswa.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.