KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Gelar Webinar Tentang Asesmen Kompetensi Minimum Bagian yang Kedua

KKG Gugus Sudirman Kecamatan Pracimantoro, Kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru secara virtual melalui Microsoft Teams pada Kamis, 18 Maret 2021. Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarat tidak menyurutkan semangat dan antusias guru di lingkungan Gugus Sudirman dalam mengikuti KKG secara virtual.

Pada kegiatan kali ini dimulai pukul 10.00 dan yang bertugas sebagai host adalah Eni Widiyati, yang merupakan guru SD Negeri 2 Gebangharjo dengan moderator  Mawar Sari Handayani, guru SD Negeri 1 Glinggang.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room hari ini sebanyak 42 orang.

Suyanto,  Kepala SD Negeri 3 Pracimantoro selaku narasumber menyampaikan materi tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagian yang kedua.

Dalam paparan narasumber bahwa Asesmen Nasional yang didalamnya termasuk literasi membaca yaitu kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan bentuk-bentuk teks tertulis yang dibutuhkan oleh masyarakat dan/atau dihargai oleh individu. Pembaca dapat membangun makna dari teks dalam berbagai bentuk. Adapun kompetensi literasi adalah (1) menemukan informasi, (2) memahami dan (3) mengevaluasi dan mefleksikan.

Peserta mengikuti kegiatan secara antusias meskipun diselenggarakan secara virtual terbukti berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham dan jelas.

Narasumber memberikan closing statement yaitu literasi membaca merupakan salah satu unsur dari AKM. Oleh sebab itu, mari selalu belajar dalam menyusun soal AKM yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang harus ditingkatkan lagi.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru untuk semangat dalam meningkatkan kompetensinya.