KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Gelar Webinar Pembuatan E-Rapor

KKG Gugus Sudirman Kecamatan Pracimantoro kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru secara virtual melalui microsoft teams (Selasa, 20/4/2021). Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarat (PPPKM) tidak menyurutkan semangat para guru di lingkungan Gugus Sudirman dalam mengikuti KKG secara virtual.

KKG diawali dengan sambutan dari ketua yaitu Sunarsi. Beliau mengimbau bahwa harus tetap semangat dalam membersamai para siswa dan diharapkan selama KKG dengan materi e-rapor para guru dapat mempraktikkan langsung.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB, bertugas sebagai host adalah Mawarsari Handayani Guru SD Negeri 1 Glinggang dan moderator Eni Widiyati Guru SD Negeri 2 Gebangharjo.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 50 peserta.

Muchamad Mustofa Kumbara, Guru SD Negeri 1 Pracimantoro selaku narasumber menyampaikan materi tentang pembuatan e-rapor bagian yang pertama. Narasumber menjelaskan bahwa e-rapor ini sangat penting dalam pembuatan catatan prestasi siswa. Adapun alur proses data e-rapor  diambil dari Dapodik lalu dimasukkan pada aplikasi e-rapor dan setelah diolah kemudian bisa dikirimkan lagi ke dapodik.

Pertemuan kali ini, narasumber mengajak para guru untuk praktik secara langsung. Para guru diminta untuk login sebagai “Guru” di aplikasi e-rapor dengan cara memasukkan user name, password serta user ID. Dilanjutkan pada pengenalan di menu dashboard, lalu narasumber memberikan pengarahan dalam pengisian Kompetensi Dasar (KD).

Peserta mengikuti kegiatan secara antusias meskipun diselenggarakan secara virtual terbukti peserta aktif bertanya dan dijawab dengan jelas oleh narasumber. Narasumber memberikan closing statement yaitu mengharapkan para guru mampu mengikuti KKG ini dengan baik serta mampu dalam mengerjakan e-rapor.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu semangat para guru dalam meningkatkan kompetensi.