KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Gelar Webinar E-Rapor

KKG Gugus Sudirman Kecamatan Pracimantoro kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru secara virtual melalui Microsoft Teams pada Rabu, 21 April 2021. Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarat tidak menyurutkan semangat dan antusias guru di Gugus Sudirman dalam mengikuti KKG secara virtual. Kegiatan ini diawali sambutan dari ketua KKG yaitu Sunarsi. Beliau mengimbau bahwa guru tetap semangat dalam membersamai para siswa. Sunarsi juga berpesan kepada peserta kegiatan agar segera mempraktikkan materi dari narasumber.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan host Mawarsari Handayani guru SD Negeri 1 Glinggang dengan moderator Nita Dewi Nurdianawati guru SD Negeri 3 Wonodadi. Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 43 orang. Narasumber kegiatan ini adalah Muchamad Mustofa Kumbara guru SD Negeri 1 Pracimantoro yang menyampaikan materi tentang pembuatan e-rapor bagian yang kedua.

Dalam paparannya, narasumber menyampaikan bahwa pembuatan e-rapor diawali dengan memetakan kompetensi dasar dan mengisi rencana nilai pengetahuan, rencana nilai keterampilan, pilih butir nilai sikap spiritual dan pilih butir sikap sosial. Pengisian nilai pengetahuan diisikan sesuai jumlah kompetensi dasar yang ada atau bisa diisikan sesuai jumlah tema. Selanjutnya pengisian nilai pada menu nilai pengetahuan dan nilai keterampilan.

Peserta mengikuti kegiatan secara antusias meskipun diselenggarakan secara virtual terbukti berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham dan jelas. Narasumber memberikan closing statement yaitu menekankan bahwa para guru harus menghilangkan anggapan bahwa e-rapor itu sulit. Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru untuk semangat dalam meningkatkan kompetensinya.