KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Gelar Webinar Asesmen Kompetensi Minimum

KKG Gugus Sudirman Kecamatan Pracimantoro, kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru secara virtual melalui Microsoft Teams pada Selasa, 23 Februari 2021. Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarat tidak menyurutkan semangat dan antusias guru di lingkungan Gugus Sudirman dalam mengikuti KKG secara virtual ini.

Kegiatan kali ini dimulai pukul 09.00 WIB. Bertugas sebagai host adalah Mawar Sari Handayani, guru SD Negeri 1 Glinggang dan Nita Dewi Nurdianawati, guru SD Negeri 3 Wonodadi sebagai moderator. Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 51 orang. Narasumber pada kegiatan ini adalah Suyanto, Kepala SD Negeri 3 Pracimantoro yang menyampaikan materi tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Dalam paparannya, Suyanto menyampaikan bahwa Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Adapun yang diukur meliputi tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Adapun sasaran Asesmen Nasional yaitu kepala sekolah, guru, siswa kelas 5, 8 dan 11.

Peserta mengikuti kegiatan secara antusias meskipun diselenggarakan secara virtual, terbukti beberapa peserta melontarkan pertanyaan yang mampu dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham dan jelas. Narasumber memberikan closing statement yaitu AKM merupakan pemetaan dalam mengukur kompetensi siswa yang digunakan untuk feedback dalam pelaksanaan pembelajaran.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.