KKG Gugus Sudirman Pracimantoro Bedah AKM

Gugus Sudirman Kecamatan Pracimantoro menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara virtual menggunakan Google Meet (Selasa, 25/3/2022). Tema kegiatan adalah AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), dimulai pukul 10.00 sampai 13.00 WIB. Bertugas sebagai narasumber Muchamad Mustafa Kumbara, guru SD Negeri 1 Pracimantoro, host Endri Yulianto, guru SD Negeri 1 Glinggang dan moderator, Mawar Sari Handayani, guru SD Negeri 2 Glinggang.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room ada 40 orang.

Muchamad Mustafa Kumbara selaku narasumber menyampaikan materi tentang ANBK daring. Dalam paparannya, narasumber menyampaikan tentang persiapan tempat pelaksana ANBK daring. Hardware yang harus dipersiapkan antara lain, laptop proktor, laptop klien,webcam (optional), konfigurasi jaringan internet, bandwidth 12 Mbps (dedicated untuk 25 klien). Sedangkan prerequisites yang harus dipersiapkan adalah aplikasi proktor browser versi terbaru dan aplikasi exambrowser versi terbaru. Narasumber juga menyarankan dalam ANBK lebih baik menggunakan laptop. Beliau menjelaskan spesifikasi minimum komputer proktor dan spesifikasi minimum komputer klien. Untuk laptop yang digunakan minimal dual core, RAM 2 GB, hardisk free 10 GB, operating system (32/64 bit), minimal menggunakan laptop windows 7, Lan Card/wifi acces. Untuk komputer klien resolusi layar minimal 1024 x 720 pixel. Persiapan komputer klien harus dipastikan sudah terdapat file terbaru Exambrowser klien, terdapat kamera/webcam. Untuk webcam ini sifatnya opsional dan yang paling terpenting adalah laptop harus terkoneksi dengan internet untuk dapat menjalankan aplikasi Exambrowser. Langkah-langkah untuk log in ke aplikasi versi terbaru juga dijelaskan.

Untuk penggunaan aplikasi versi terbaru ini tidak sulit, hampir sama dengan versi sebelumnya. Exambrowser memiliki tampilan yang berbeda dan dirancang dengan tingkat keamanan tinggi yang membuat peserta ANBK tidak dapat mengakses aplikasi lain selama mengerjakan soal ANBK. Narasumber memberikan closing statement yaitu semoga semua SD di Kecamatan Pracimantoro bisa melaksanakan ANBK mandiri karena lebih efektif dan efisien dan lebih memudahkan kita semua. Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG Gugus Sudirman Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2022 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.