KKG Gugus Sudirman dan Diponegoro Pracimantoro Pelajari Pembuatan DUPAK

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Sudirman dan Gugus Diponegoro Kecamatan Pracimantoro kembali menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru yang dilaksanakan dengan Microsoft Teams pada Sabtu, 6 Maret 2021. Webinar kali ini mengambil materi tentang pembuatan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan pembuatan serta proses Penilaian Kinerja Guru (PKG).

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan host Eni Widiyati guru SD Negeri 2 Gebangharjo dan moderator Nita Dewi Nurdianawati guru SD Negeri 3 Wonodadi yang memandu kegiatan dari awal hingga akhir acara.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 83 guru. Narasumber pada kegiatan ini adalah Narno yang menyampaikan materi tentang pembuatan DUPAK. Narno menyampaikan bahwa penilaian kinerja guru merupakan penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG) menjadi bahan evaluasi bagi guru untuk mengembangkan potensi dan karirnya. PKG merupakan dasar untuk memberikan nilai prestasi kerja serta sebagai acuan bagi sekolah untuk merencanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Peserta mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias meskipun diselenggarakan secara virtual. Ada berbagai pertanyaan dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham. Narasumber memberikan closing statement yaitu DUPAK sangat penting dalam kenaikan pangkat seorang guru. Sebaiknya semua guru fokus dalam penilaian kinerja guru karena pentingnya hal tersebut dalam penentuan prestasi seorang guru.

Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi tautan yang telah dibagikan. Semoga kegiatan KKG di Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk video conference ini dapat memacu para guru mewujudkan tuntutan guru profesional dan guru bermutu.