KKG Gugus Slamet Riyadi Tirtomoyo Gelar Percepatan Platform PMM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) selalu menekankan para pendidik dan tenaga pendidikan untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya karena teknologi setiap saat selalu mengalami perubahan sehingga jika para guru tidak meng-update kompetensinya maka akan tertinggal.

Rekan guru yang tergabung dalam forum Kelompok Kerja Guru (KKG) memiliki motivasi yang tinggi dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliknya. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan guna membahas hal baru dalam Pendidikan. Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Slamet Riyadi melaksanakan pertemuan secara luring bertempat di SD Negeri 1 Dlepih Tirtomoyo pada Sabtu, 17 September 2022. Pertemuan tersebut mengusung tema Percepatan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sesi Kedua. Sesi pertama dari pertemuan ini telah dilaksanakan pada Rabu, 14 September 2022 yang bertempat di SD Negeri 1 Dlepih pula.

Pertemuan KKG siang itu dimoderatori oleh Sumiyati, guru SD Negeri 3 Sukoharjo. Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai, diawali pembukaan oleh moderator dengan membaca basmallah bersama. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua KKG Gugus Slamet Riyadi Tirtomoyo, Muh. Amin. Beliau mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan guru atas partisipasinya dalam penggunaan Platform Merdeka Mengajar. Selain aktif dalam membuka materi, menonton video, dan mengerjakan posttest diharapkan para guru juga menerapkan ilmu yang diperoleh sehingga kompetensi guru akan mengalami peningkatan.

Memasuki acara selanjutmya yaitu materi inti yang dipandu oleh Deni Condro Pujantoro guru SD Negeri 1 Hargosari dan Eko Aryanto guru SD Negeri 4 Sukoharjo. Beliau mengingatkan kembali kepada peserta KKG bahwa Kemendikbudristek telah memfasilitasi kita dengan menyediakan platform merdeka mengajar yang luar biasa manfaatnya. Dengan adanya platform tersebut diharapkan kita sebagai guru dapat belajar dengan mandiri karena materi pada platform tersebut dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Pertemuan sesi kedua dilanjutkan dengan mengecek progres masing-masing satuan pendidikan pada laman . Melihat hasil pada laman tersebut, terbukti adanya peningkatan dibanding hasil pada pertemuan pertama. Akan tetapi masih ada beberapa akun yang belum login Platform Merdeka Mengajar (PMM) sehingga para guru diharapkan dapat saling mengingatkan sesama rekan di sekolahnya untuk dapat mengakses platform merdeka mengajar.

Acara ditutup oleh moderator dengan bacaan hamdallah dan menyimpulkan bahwa Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Slamet Riyadi Tirtomoyo berhasil melaksanakan percepatan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar, dibuktikan dengan banyaknya topik yang telah diselesaikan oleh para rekan guru.