KKG Gugus RA. Kartini Girimarto Gelar Vicon  Pembuatan Media Video Pembelajaran

KKG Gugus RA. Kartini Girimarto menggelar kegiatan daring dengan tajuk “Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Pembelajaran jarak jauh” (Jumat, 14 Agustus 2020). Kegiatan ini untuk mendukung pelaksanaan program Belajar Dari Rumah (BDR) melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi saat ini.

Kegiatan yang digelar melalui vicon dengan Microsoft Teams tersebut bertujuan agar para guru dapat memahami tentang prinsip-prinsip pembuatan video pembelajaran dan mampu menerapkannya dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Para guru diharapkan tanggap terhadap kemajuan yang terjadi dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi yang memunculkan peluang maupun tantangan baru dalam dunia pendidikan.

Drs. Suhato, M.Pd selaku Korwil Kecamatan Biddik Girimarto mengawali sambutannya mengharapkan agar para guru tetap semangat dalam melaksanakan tugas di masa pandemi. Saling membantu dan kerjasama dalam menghadapi hambatan tugas sehari-hari. Dalam kesempatan itu beliau juga menyampainan terima kasih kepada Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri atas fasilitas akun Office 365 untuk kepentingan pembelajaran.

Materi tentang pembuatan video pembelajaran  yang praktis, dan mudah dipahami baik melalui perangkat komputer maupun HP android disampaikan oleh narasumber Boby Agita K., S.Pd sekaligus sebagai Host. Kegiatan  yang dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB tersebut dipandu oleh Erma Surtikawati, S.Pd. sebagai Moderator.

Pokok materi yang dipaparkan oleh narasumber meliputi : Pengertian  Video Pembelajaran; Prinsip-Prinsip Pengembangan Pembelajaran dengan Video, serta Langkah-langkah Pengembangan Video Pembelajaran. Dalam kesempatan itu, narasumber juga membagikan Panduan Pembuatan Video Pembelajaran dengan MS Power Point kepada peserta KKG. Selanjutnya para peserta mendapat tugas untuk membuat media video pembelajaran sesuai dengan tingkat kelas yang diampu masing-masing guru.

Selain pemaparan materi terkait pembuatan video pembelajaran, juga dibuka sesi tanya jawab, ice breaking, dan informasi berbagai agenda kegiatan untuk memperingati Hari Pramuka dan HUT Ri Ke-75 di kecamatan Girimarto.

Di akhir kegiatan daring, Dody Nurahmah Basuki, S.Pd.M.Pd. selaku ketua KKG Gugus RA. Kartini kecamatan Girimarto menghimbau agar para guru berupaya untuk memanfaatkan peluang baru yang muncul termasuk akses yang lebih luas terhadap konten multimedia yang lebih kaya, dan berkembangnya metode pembelajaran baru yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Di sisi lain, kemajuan teknologi dengan beragam inovasi digital yang terus berkembang juga menghadirkan tantangan baru bagi penyelenggara pendidikan untuk terus menyesuaikan infrastruktur pendidikan dengan teknologi baru tersebut.