KKG Gugus Prambanan Nguntoronadi Selenggarakan  Vicon Pengembangan Penilaian HOTS

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi sukses menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara virtual dengan tema “Pengembangan Penilaian HOTS”. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan Google Meet  yang diikuti oleh anggota KKG Gugus Prambanan pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. Bertugas sebagai host dalam kegiatan ini Daryono, guru SDN 2 Bumiharjo dengan moderator Agustina Wahyuningsih, guru SD Negeri Bakalan. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Marjono selaku Ketua KKG Gugus Prambanan. Dalam kesempatan ini beliau mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah menyempatkan waktunya untuk kelancaran KKG pada hari ini. KKG dialihkan kepada kelompok 3 karena kelompok 2 ada kepentingan. KKG yang awalnya akan diadakan secara luring di SDN 2 Bumiharjo tetapi akhirnya diundur karena ketua Gugus Prambanan tidak bisa membersamai, maka KKG dilakukan secara daring lagi. Beliau juga berpesan untuk semua guru yang memenuhi syarat agar mendaftarkan sebagai guru penggerak tanpa menunggu perintah karena sekarang guru dihadapkan dengan era digitalisasi.

Sumarno selaku narasumber menyampaikan materi tentang Pengembangan Penilaian HOTS. Narasumber menyampaikan teori belajar Humanistik dan Behavioristik yang merupakan belajar yang dilihat dari perkembangan dan tingkah laku peserta didik. Didalam dunia pendidikan terdapat Pendidikan Holistik (3H) yang meliputi Head (kognitif), Heart (afektif) dan Hand (psikomotorik). Dalam kegiatan inti KBM di RPP ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu Literasi, 4C (Communication, Collaboration, Critial Thinking, Creativity), High Order Thinking Skill dan Pendidikan Penguat Karakter (PPK). Dimensi K13 meliputi dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan. Dimensi Kognitif diantaranya C1 (Mengingat), C2 (Mengerti), C3 (Menerapkan), C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), C6 (Meniptakan). Dimensi Pengetahuan diantaranya Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif. Di akhir acara narasumber menyampaikan harapan semoga materi Pengembangan Penilaian HOTS ini dapat menjadi inspirasi dan wadah belajar kita sebagai guru dalam mengembangkan karakter dan kemampuan berpikir (HOTS) peserta didik pada proses belajar mengajar untuk mendidik anak bangsa yang lebih baik dan matang lagi.