KKG Gugus Prambanan Nguntoronadi Gelar Vicon RPP Model Blanded Learning

KKG Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi menggelar kegiatan kolektif guru secara virtual dengan topic “Perangkat Pembelajaran (RPP) dengan Model Pembelajaran Blanded Learning”. Kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan Google Meet ini diikuti semua anggota KKG Gugus Prambanan dan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Februari 2022 pukul 10.00 WIB. Yang bertugas sebagai host dalam kegiatan ini Erna Fellinda, guru SD Negeri Bendosari dengan moderator Dyah Prihartanti, guru SD Negeri Bendosari.

Kegiatan KKG dibuka oleh Marjono, sebagai ketua KKG Gugus Prambanan. Marjono mengevaluasi kegiatan KKG perdana yang lalu sudah lancar, semoga kegiatan KKG ke depan lebih lancar lagi. Marjono mengharapkan semoga situasi dan kondisi segera membaik dan nanti dapat dilaksanakan dengan luring sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dipahami. Marjono juga mengharapkan semangat dari semua anggota KKG untuk mengikuti seluruh rangkaian KKG Gugus Prambanan dengan baik karena merupakan bagian penting untuk meningkatkan kinerja guru. Tujuan dari kegiatan KKG ini bukan hanya untuk mendapatkan sertifikat saja, tetapi bertujuan untuk bisa sharing mengenai informasi pembelajaran.

Agustina Paramita selaku narasumber, menyampaikan materi tentang RPP dengan Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning. Model pembelajaran Blended Learning merupakan model pembelajaran di mana menggabungkan strategi tatap muka di ruang kelas dan pembelajaran jarak jauh atau daring (online). Model pembelajaran Blended Learning ini dipilih karena dapat meningkatkan kualitas, efisiensi, akses dan fleksibel, serta membantu menghadapi masalah di dalam pembelajaran. Karakteristik pembelajaran Blended learning menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pendidikan, gaya pembelajaran dan media berbasis teknologi sehingga peran guru dan orangtua sangat penting, dimana guru sebagai fasilitator dan orangtua sebagai pendukung. Model pembelajaran Blended Learning ini ada beberapa macam diantaranya Model Rotasi (Rotation Model), Model Kelas Flex, Model Self-Blend, Model Enriched-Virtual. Di akhir sesi peserta dan mentor melakukan tanya jawab antara pemapar dan peserta KKG terkait kelebihan RPP menggunakan model Blanded Learning, yaitu dapat memenuhi kebutuhan guru dan peserta didik pada kondisi saat ini, dimana situasi dapat berubah sewaktu-waktu kadang daring kadang luring, dengan situasi tersebut model pembelajaran Blended Learning diharapkan dapat membantu dan memajukan proses belajar mengajar di sekolah, khususnya di Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi.