KKG Gugus Potrokusumo Puhpelem Sukses Gelar Diseminasi E-Rapor SD

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Potrokusumo Kecamatan Puhpelem sukses menggelar kegiatan Diseminasi E-Rapor SD. Kegiatan ini diikuti oleh operator sekolah dan 2 orang perwakilan guru kelas secara luring dan seluruh guru kelas, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan Kepala Sekolah Gugus Potrokusumo secara daring menggunakan Microsoft Teams pada Rabu sampai Kamis (17-18/2/2021).

Di masa pandemi Covid-19 guru harus mau belajar dan mengikuti perkembangan teknologi. E-Rapor adalah salah satu hal yang harus dikuasai oleh guru. Mengingat pentingnya hal tersebut, Gugus Potrokusumo gelar Diseminasi E-Rapor SD secara luring dan daring dengan narasumber yang telah mengikuti bimtek E-Rapor SD tingkat Kabupaten.

Kegiatan dipandu oleh Muhammad Nurul Huda guru SD Negeri 1 Sukorejo dan moderator Heru Dian Prasetiyo selaku ketua Gugus Potrokusumo. Narasumber kedua Iwan Santoso guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Negeri 1 Nguneng. Beliau menyampaikan cara instalasi E-Rapor dan cara mengkonfigurasikan E-raport dalam jaringan wifi antara operator dengan guru. E-Rapor terintegrasi dengan dapodik maka operator sekolah harus memastikan data yang terinput di Dapodik harus benar-benar valid sehingga pengerjaan E-Rapor berjalan dengan lancar.

Narasumber pertama Dwi Purwanto guru SD Negeri 2 Sukorejo menyampaikan teknis pengerjaan E-Rapor. Materi pertama yang disampaikan yaitu bagaimana cara login menggunakan akun guru masing-masing. Setelah login menggunakan akun guru dilanjutkan dengan penyampaian tata cara mengisi E-Rapor untuk guru. Pengisian E-Rapor oleh guru kelas meliputi koreksi kompetensi dasar, pengisian perencanaan penilaian pengetahuan, penilaian keterampilan, penilaian sikap spiritual, dan penilaian sikap sosial. Materi selanjutnya disampaikan tata cara melakukan input penilaian, mulai dari download format import nilai, mengisi nilai, kemudian melakukan import nilai, serta melakukan pengiriman nilai akhir. Setelah tata cara penilaian oleh guru materi dilanjutkan dengan tata cara pengisian sebagai wali kelas yang meliputi pengisian absensi siswa, catatan guru, sampai dengan mencetak raport. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab kesulitan-kesulitan dalam pengerjaan E-Rapor yang ditemukan selama pelatihan ini.

 

Di Akhir sesi, Heru Dian Prasetiyo selaku ketua Gugus Potrokusumo memberikan penguatan bahwa di era digital saat ini yang serba elektronik E-Rapor menjadi hal baru bagi guru di Gugus Potrokusumo Kecamatan Puhpelem, guru harus mau belajar dan jika ada kesulitan hendaknya berkonsultasi dengan narasumber di Gugus Potrokusumo Kecamatan Puhpelem. Hal ini harus disikapi dengan penuh tanggung jawab oleh semua guru karena penilaian siswa melalui E-Rapor merupakan salah satu kewajiban guru.