KKG Gugus Pangeran Diponegoro Pracimantoro Kupas Tuntas ANBK

Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Pangeran Diponegoro Kecamatan Pracimantoro menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG). Kegiatan dengan tema “Assesmen Nasional Berbasis Komputer” ini dihadiri oleh pemateri, Aris Setyawan, Ketua Gugus Pangeran Diponegoro, Sulardi, serta Ketua KKG Gugus Pangeran Diponegoro, Sutomo, dan guru SD Negeri 1 Petirsari. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Bertugas sebagai pembawa acara, Reni Martina, guru SD Negeri 2 Petirsari. Acara diawali dengan praacara menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Sri Mulati, guru SD Negeri 1 Digal dan diikuti oleh seluruh peserta KKG dengan khidmat.

Acara diisi dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama oleh Ketua Gugus Pangeran Diponegoro, Sutomo, guru SD Negeri 1 Petirsari Kecamatan Pracimantoro. Sutomo mengucapkan puji syukur kehadiran Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat diberikan beberapa nikmat, salah satunya nikmat sehat. Sehingga dapat mengikuti kegiatan KKG Gugus Pangeran Diponegoro paket 4 pada pertemuan ke 3 secara luring. Acara selanjutnya oleh Aris Setyawan, dari SD Negeri 1 Pracimantoro selaku pemateri. Pada pertemuan KKG kali ini, beliau menyampaikan materi tentang “ANBK”. Dalam paparannya pemateri menyampaikan ANBK adalah Assesmen Nasional Berbasis Komputer. Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.evaluasi sistem Pendidikan, bukan penilaian terhadap murid, guru atau kepala sekolah sebagai individu, AN dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi perbaikan kualitas pembelajaran.

Survei Lingkungan Belajar untuk SD dijawalkan tanggal 22 sampai 31 Agustus 2022. Untuk mengakses akun dari masing-masing guru dapat mengunduh kartu login melalui https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun SSO Dapodik. Kemudian Kepala Sekolah dan Guru dapat mengisi survei lingkunan belajar secara mandiri melalui https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/. Tujuan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas 9 aspek yang memengaruhi kualitas belajar peserta didik. Survei lingkungan belajar akan memotret mutu satuan pendidikan secara utuh mulai dari input dan proses belajar-mengajar di dalam kelas maupun di tingkat sekolah.

Peserta KKG mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias sehingga tidak mengurangi semangat dalam memperoleh pengetahuan pada materi Assesmen Nasional Berbasis Komputer. Beberapa pertanyaan yang diajukan dari partisipan   dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga materi yang sekiranya kurang dipahami partisipan menjadi jelas dan dapat dipahami. Sehingga kegiatan kkg luring ini berjalan dengan lancar. Di akhir sesi, peserta mengisi daftar hadir. Semoga kegiatan KKG Gugus Pangeran Diponegoro Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Pracimantoro tahun 2022 dapat memacu semangat para guru dalam kreativitas pengembangan karir guru.