KKG Gugus Menur Wonogiri Tuntas Mengupas E-Rapor

KKG Gugus Menur Wonogiri melaksanakan pertemuan keempat Kegiatan Kolektif Guru secara daring menggunakan Zoom Meeting dengan fokus materi tentang E-Rapor. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 WIB pada Rabu, 10 Maret 2021. Agina Fitri Pratiwi yang bertugas sebagai host pada kegiatan kali ini mengawali kegiatan dengan menyapa peserta dan menyampaikan tata tertib selama bergabung dalam Zoom Meeting. Moderator kegiatan, Tini Rahayu, menyampaikan susunan acara dan memperkenalkan narasumber kegiatan. Untuk narasumber pertemuan kali ini adalah Joko Susilo dari Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan KKG Gugus Menur ini dibuka oleh Korwil Kecamatan Biddik Wonogiri, Sukatmi. Beliau menyampaikan bahwa E-Rapor dirancang untuk mempermudah guru dalam pengimputan nilai. Pada Kegiatan KKG Gugus Menur ini diikuti kurang lebih 41 peserta yang diharapkan mampu menggunakan perangkat lunak E-Raport. Pada penilaian semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 diharapkan sudah menggunakan aplikasi E-Rapor. Sistem elektronik ini tidak hanya akan menjaga integritas dalam pemberian nilai namun juga akuntabilitas. Aplikasi E-Rapor SD ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang ada di Kemendikbud. Aplikasi E-Rapor Sekolah Dasar dikembangkan dengan tujuan memfasilitasi pendidik dan sekolah agar lebih mudah dalam merencanakan, mengolah, dan melaporkan penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik.

Joko Susilo selaku narasumber memaparkan materi tentang E-Rapor dengan jelas dan rinci. Peserta KKG Gugus Menur mengikuti setiap arahan dari narasumber dengan membuka akun E-Rapor dan mempraktikkan secara langsung. Dalam pemaparannya narasumber membagi materi dalam dua sesi, sesi pertama guru dan kedua wali kelas. Tugas awal guru di aplikasi E-Rapor di awal semester yaitu login pada aplikasi E-Rapor dan melakukan pemetaan kompetensi dasar serta melakukan perencanaan penilaian di kelas masing-masing. Input nilai bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dan dengan import dari daftar nilai yang sebelumnya sudah diunduh terlebih dahulu melalui aplikasi. Untuk mengerjakan E-Rapor difokuskan pada semester genap tahun pelajaran 2020/ 2021. Pemilihan kurikulum disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di setiap satuan pendidikan, bisa menggunakan kurikulum nasional (sesuai Permendikbud No. 37 tahun 2018), kurikulum kondisi khusus, ataupun kurikulum penyederhanaan yang disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan.

Seluruh tahapan pemaparan E-Rapor dijelaskan dengan rinci oleh narasumber. Seusai menjelaskan materi E-Rapor, narasumber memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan. Pada sesi tanya jawab ini terdapat beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan dapat dijelaskan dengan baik oleh narasumber. Kegiatan vicon menggunakan Zoom Meeting ini berlangsung sekitar tiga jam dan berjalan dengan lancar. Pada kegiatan penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan. Sebelum mengakhiri pertemuan, host meminta kepada seluruh peserta untuk mengaktifkan video untuk foto bersama dan mengisi form daftar hadir melalui link yang sudah dibagikan.