KKG Gugus Menur Kupas Penelitian Tindakan Kelas

Kelompok Kerja Guru Gugus Menur Kecamatan Wonogiri kembali melanjutkan kegiatan KKG secara daring dengan menggunakan Google Meet . Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Mei 2022 ini diikuti oleh semua guru kelas di lingkungan Gugus Menur. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 8 SD yaitu SDN Wonokerto 1, SDN Wonokerto 2, SDN Wonokerto 3, SDN Wonoharjo 1, SDN Wonoharjo 2, SDN Mento 1, SDN Mento 2, dan SDN Ketimang. Kegiatan bertema Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dipandu oleh Destarita Wibriana sebagai moderator. Bertindak sebagai narasumber  Saryono, dan host dalam kegiatan ini adalah Dwi Lestari. Tepat pukul 10.00 KKG dimulai.

Dalam kegiatan kali ini narasumber menyampaikan pentingnya PTK baik untuk tenaga pendidik yang sudah senior maupun untuk yaang masih CPNS atau baru dalam dunia pendidikan. PTK selain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, juga dibutuhkan untuk kenaikan pangkat tenaga pendidik. Jadi setiap tenaga pendidik sangat butuh pengetahuan bagaimana cara membuat PTK ini.

Narasumber menjelaskan bagaimana cara menyusun PTK dengan baik. Ciri khusus PTK adalah adanya tindakan (action) yang nyata. Pelaksanaan PTK ini dilakukan selama satu semester, dengan dilakukan 2 atau 3 siklus. Laporan PTK paling tidak memuat BAB I (Pendahuluan), BAB II (Kajian teori/Tinjauan pustaka), BAB III (Metode penelitian), BAB IV (Hasil penelitian), dan BAB V (simpulan dan saran). Semua bagian tersebut dijelaskan narasumber dengan berurutan dan diberikan pula contoh dari setiap BAB yang dijelaskan sehingga peserta dari kegiatan diharapkan lebih paham.

Pada sesi tanya jawab, ada pertanyaan dari Destarita Wibriana tentang bagaimana waktu pelaksanaan penelitian yang bisa menyesuaikan materi pada suatu kelas yang hendak dilakukan penelitian. Kegiatan KKG pada sabtu 28 Mei 2022 berakhir dan ditutup tepat pukul 11.30 WIB.