KKG Gugus Menur Gelar Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar

Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Gugus Menur Korwilcam Bidik Wonogiri menggelar pembukaan kegiatan KKG pada hari Senin, tanggal 30 Januari 2023 di SD Negeri 1 Mento. Kegiatan tersebut diikuti oleh 42 peserta yang berasal dari 8 SD yaitu SDN Wonokerto 1, SDN Wonokerto 2, SDN Wonokerto 3, SDN Wonoharjo 1, SDN Wonoharjo 2, SDN Mento 1, SDN Mento 2, dan SDN Ketimang. Kegiatan tersebut mengambil temaOptimalisasi Pemanfaatan  Platform Merdeka Mengajar.

Acara dibuka oleh ketua KKG Gugus Menur yaitu Agina Fitri Pratiwi,  yang menyampaikan bahwa KKG ada 5 paket yang akan dilaksanakan yaitu Percepatan PMM, Program Guru Penggerak, Canva for Education, Media Pembelajaran dan Rapot Kurikulum Merdeka. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Korwilcam Bidik Wonogiri, Pamudji,  yang memberikan semangat kepada Bapak Ibu Guru untuk lebih maju dan mampu menggunakan IT dalam pembelajaran. 

Bertindak sebagai narasumber adalah Uyik Suyanto, dari Co. Kapten Belajar.id Kab. Wonogiri. Narasumber menyampaikan tahapan dalam Platform Merdeka mengajar merupkan episode ke 15 dari Program Medeka Mengajar. Kita sebagai guru diharapkan untuk bisa mengikuti Pelatihan Mandiri yang ada di PMM. Dalam Pelatihan Mandiri ada beberapa topik yang harus kita selesaikan, dan melalui beberapa tahapan dalam pelatihan mandiri yaitu menonton video, Latihan pemahaman, cerita reflektif, post test dan aksi nyata.  

Aksi nyata yang kita buat harus memiliki 5 unsur yaitu yang pertama ada Identitas guru, yang lembar kedua ada produk “Merdeka Belajar”, yang ketiga ada dokumentasi menyebarkan pemahaman, untuk lembar ke4 yaitu ada umpan balik minimal 5 orang dan yang terakhir adalah refleksi diri. Hindari kesalahan yang sering terjadi yaitu unsur kurang lengkap, hanya materi. Yang kedua umpan balik bukan dari unsur yang tepat. Yang terakhir ATM yang kurang rapi, sehingga terdeteksi plagiasi. Narasumber mempraktekkan secara langsung bagaimana membuat aksi nyata, serta bagaimana cara menyebarkan aksi nyata serta membuat refleksi