KKG Gugus Mawar Wonogiri Kupas Administrasi PJJ

KKG Gugus Mawar Wonogiri menggelar kegiatan kolektif guru dengan materi Kupas Administrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Selasa 23 Februari 2021, menghadirkan narasumber Dwi Endriastuti selaku Pengawas SD Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Wonogiri. Dalam kegiatan virtual tersebut narasumber memaparkan materi kepada guru kelas dan kepala sekolah se-Gugus Mawar tentang Implementasi dan Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dihadapan sekitar 67 peserta vicon disebutkan ada empat implementasi PJJ. Pertama, memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa  terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan. Kedua, memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup misalnya menangani pandemi Covid-19. Ketiga, memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing sekolah, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah. Keempat, memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi  skor/nilai.

Monggo, ini kreasi panjenengan, bisa dengan memberikan tugas misalnya membaca buku bacaan terus memberikan rangkuman berupa rekaman kemudian dikirimkan via WhatsApp sekolah. Ada lagi dengan menyaksikan acara berita televisi, anak diminta menuliskan berita tersebut kemudian dilaporkan berupa tulisan atau rekaman kemudian juga dikirimkan lewat WhatsApp sekolah. Atau dengan cara membuat puisi itu juga sudah termasuk kegiatan menulis. Menulis juga masuk dalam kegiatan literasi sekolah,” itulah jawaban narasumber, Dwi Endriastuti, dalam menjawab pertanyaan dari peserta kegiatan, Irwandari, tentang cara mengetahui siswa membaca atau tidak di rumah, yang masuk kategori kegiatan literasi. Itulah salah satu moment sesi tanya jawab yang terjadi saat kegiatan interaksi antara narasumber dengan peserta kegiatan selama vicon berlangsung.

Dalam kegiatan yang dipandu oleh host Twiendrasari W.R dari SD Negeri 1 Pokoh Kidul dan dimoderatori oleh Suparti dari SD Negeri 1 Bulusulur, narasumber juga manyampaikan begitu penting peran seorang guru membantu siswa menghadapi  ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi serta  keterlibatan guru dalam memotivasi siswa untuk terus belajar. Selain itu, beliau juga menyampaikan administrasi sekolah yang minimal dimiliki seorang guru, meliputi Prota, Promes, Silabus, RPP, Perangkat Penilaian, Buku Presensi Siswa dan Mutasi, serta administrasi lain yang menunjang KBM.

Diakhir kegiatan, narasumber berpesan kepada seluruh guru khususnya di wilayah Gugus Mawar Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Wonogiri agar tetap melaksanakan pembelajaran secara maksimal dan dapat melengkapi adminitrasi pembelajaran meskipun dalam masa pandemi seperti saat ini.