KKG Gugus Mawar Kecamatan Wonogiri Gelar Pembuatan Media Pembelajaran Big Book ke-2

KKG Gugus Mawar Wonogiri menggelar kegiatan kolektif guru dengan tema “Pembuatan Media Pembelajaran Big Book ke-2  (Kamis, 26 Agustus 2021). KKG ini merupakan kelanjutan dari KKG sebelumnya yaitu pada Sabtu, 21 Agustus 2021 dengan menghadirkan narasumber Fita Rahmawati, guru SD Negeri 3 Pracimantoro. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, narasumber terlebih dahulu memaparkan ulasan materi pertemuan pertama kepada guru kelas dan kepala sekolah se-Gugus Mawar tentang pembuatan media pembelajaran khususnya Big Book, antara lain : pengertian  tentang Big Book, mengidentifikasi karakteristik dan ciri Big Book, menentukan topik cerita, menulis cerita, serta menentukan dan membuat ilustrasi di hadapan sekitar 58 peserta vicon.

Narasumber meminta peserta untuk mempresentasikan Big Book karya sendiri yang telah dibuat setelah pertemuan pertama, dan ditanggapi oleh peserta lainnya. Kegiatan ini ada 5 peserta mewakili sekolah masing-masing yang melakukan presentasi, pertama Catur Sri Handayani, SDN 1 Wonoboyo dengan judul “Wujud Benda” yang ditanggapi oleh Sumadi, SDN 4 Wonoboyo, kedua Sumadi, SDN 4 Wonoboyo judul “Kegiatan di Pagi Hari” ditanggapi oleh Lia Nurhayati, SDN 2 Wonoboyo, ketiga Rini, SDN 1 Purworejo judul “Beni dan Teman-temannya” ditanggapi Catur Sri Handayani, keempat Lia Nurhayati, SDN 2 Wonoboyo judul “Kegiatan Sore Hari” ditanggapi Sumadi dari, SDN 4 Wonoboyo, dan kelima yaitu Meilani.S, SDN 3 Pokoh Kidul judul “Kegemaranku” ditanggapi Twiendrasari, SDN 1 Pokoh Kidul. Peserta lain menanggapi, narasumber selalu memberi saran-saran terhadap Big Book yang telah dipresentasikan oleh peserta.

Kegiatan yang dipandu oleh host Dwi Utami, guru SDN 1 Wonoboyo dan dimoderatori oleh Erik Dwi Handayani, guru SDN 1 Wonoboyo tersebut, narasumber mengharapkan setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran buku besar (Big Book). Kegiatan berlangsung menarik dengan adanya tanya jawab antara narasumber dan peserta. Peserta menjawab dengan penguatan dari narasumber. Big Book sebagai media belajar sangat penting saat membelajarkan membaca, Big Book membantu siswa lebih mudah dalam belajar membaca, Big Book dapat memotivasi siswa agar senang membaca, dan Big Book dapat membangkitkan percaya diri siswa yang belum mampu membaca.

Di akhir pertemuan, narasumber mengharapkan Bapak/Ibu Guru di Gugus Mawar Kecamatan Wonogiri dapat mengaplikasikan kegiatan Pembuata Media Pembelajaran Big Book dengan berusaha membuat Big Book dan memanfaatkannya dalam kegiatan pembelajaran bersama siswa.